ANALISIS PENERAPAN METODE PERHITUNGAN HARGA POKOK STANDAR SEBAGAI ALAT PERENCANAAN DAN PENGENDALIAN BIAYA PRODUKSI PADA CV. YUDISTIRA KEDIRI


Author (Penulis)

RITMA RATRI NAULIA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.04.0094

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini di latar belakangi dari hasil pengamatan bahwa biaya produksi yang sudah direncanakan perusahaan lebih kecil nilainya daripada biaya sesungguhnya di pasar dan adanya ketidakefisienan dalam menentukan biaya produksi terjadi sebagai akibat dari pemborosan yang dilakukan oleh perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis penerapan metode harga pokok standar sebagai alat perencanaan dan pengendalian biaya produksi pada CV. Yudistira Kediri.

Teknik penelitian ini menggunakan metode expost facto dimana data yang diperoleh dan digunakan merupakan data masa lampau. Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif dengan cara mengumpulkan informasi biaya bahan baku, biaya tenaga kerja dan biaya overhead pabrik.

Dari hasil rekapitulasi selisih biaya produksi CV. Yudistira Kediri menunjukkan adanya selisih menguntungkan pada biaya tenaga kerja langsung sebesar Rp 40.978.200. Sedangkan untuk biaya bahan baku memperoleh laba sebesar Rp 23.075.000 dan biaya overhead pabrik sebesar Rp 21.938.400. Perencanaan dan pengendalian biaya produksi pada CV. Yudistira Kediri sudah cukup baik. Hanya saja masih terjadi penyimpangan biaya pada kuantitas bahan baku, biaya tenaga kerja langsung, analisis anggaran dan kapasitas pada selisih BOP.

Untuk dapat menekan angka biaya produksi agar tidak membengkak, perusahaan perlu mengevaluasi naik turunnya harga-harga di pasar supaya nanti dapat mengadakan penyesuaian dan perbaikan biaya.

 

Kata Kunci  : harga pokok standar, perencanaan dan pengendalian biaya produksi


Keyword

harga pokok standar, perencanaan dan pengendalian biaya produksi

Reference

DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Silalahi, Ulber. 2006. Metode Penelitian Sosial. Bandung: Unpar Press.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

                 . 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.


PUBLISHED

2019-02-09

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 03 No. 01 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade