ANALISIS PENENTUAN HARGA TRANSFER DENGAN METODE COST BASED-TRANSFER PRICING (ATAS DASAR BIAYA) UNTUK MENENTUKAN LABA PADA PT PERKEBUNAN NUSANTARA X PABRIK GULA LESTARI PATIANROWO NGANJUK


Author (Penulis)

DEFI RETNOWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.04.0078

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini dilatar belakangi hasil wawancara dan dokumentasi oleh peneliti bahwa selama ini PT perkebunan Nusantara X Pabrik Gula Lestari Patianrowo belum menerapkan harga transfer dalam transfer produk antar divisi/unit. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui analisis penentuan harga transfer dengan metode Cost Based-Transfer Pricing untuk menentukan laba pada PT Perkebunan Nusantara X Pabrik Gula Lestari Patianrowo Kabupaten Nganjuk.

Variabel bebas penelitian ini adalah harga transfer dengan metode cost based-transfer pricing sedangkan untuk variabel terikatnya adalah laba dengan menggunakan pendekatan full costing, variable costing dan activity based costing. pendekatan penelitian dengan pendekatan kuantitatif yang membandingkan markup dengan metode cost based-transfer pricing dengan menggunakan tiga pendekatan. Dalam populasi dengan laporan keuangan yang mengampu semua biaya produksi yang terjadi selama proses giling yaitu dari bulan Januari sampai dengan bulan Juli. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu purpose sampling.

Hasil yang diperoleh dari perhitungan harga transfer adalah terjadi perbedaan dan selisih markup laba dalam perhitungan menggunakan pendekatan full costing, variable costing dan activity based costing. pada bulan Januari sampai Juli perhitungan markup laba dengan pendekatan full costing  menghasilkan markup laba sebesar Rp 661.898.897 hasil ini paling tinggi dibanding dengan perhitungan dengan pendekatan yang lain. Pada pendekatan variable costing  menghasilkan markup laba sebesar Rp 637.968.197 pada pendekatan Activity based Costing dihasilkan merekup laba sebesar Rp 472.319.932. Perbedaan ini terjadi dikarenakan jika menggunakan pendekatan full costing dalam perhitungan beban pokok produksi harus menambahkan biaya overhead pabrik tetap, sedangkan dalam pendekatan variable costing  biaya overhead pabrik yang dibebankan hanya biaya overhead pabrik variable. Jika menggunakan pendekatan activity based costing dalam perhitungan total beban pokok produksi maka akan menghasilkan beban pokok produksi yang tinggi.

Rekomendasi untuk hasil penelitian ini adalah pimpinan dapat memilih salah satu pendekatan dalam menentukan harga transfer dengan perhitungan biaya yang tepat karena akan mempengaruhi pembebanan harga transfer dan markup laba pada masing-masing unit/divisi.

 

Kata Kunci: Harga Transfer, Metode Cost Based-Transfer Pricing (atas dasar biaya), Laba.


Keyword

HARGA TRANSFER, METODE COST BASED-TRANSFER PRICING, HARGA POKOK PRODUKSI

Reference

DAFTAR PUSTAKA

Hanifah, Imam Abu. 2009. Pengaruh Penetapan Harga Transfer Terhadap Laba Antar Divisi. Jakarta: CV Alfabeta

Indriantoro, Nur dan Bambang Supomo. 2010, 2011. Metodologi Penelitian Bisnis Untuk Akuntansi dan Manajemen. Yogyakarta: BPFE

Kusnadi, Zainul dan Arifin, Moh Syadeli. 2010. Akuntansi Manajemen. Malang: Universitas Brawijaya

Sugiyono. 2010. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta


PUBLISHED

2019-02-08

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 03 No. 01 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade