Penyusunan Laporan Keuangan berdasarkan Standar Akuntansi Keuangan Entitas tanpa Akuntanbilitas Publik pada Perusahaan Omah Jenang di Kabupaten Blitar


Author (Penulis)

MEYTA ZELLA KURNIA INDAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.04.0077

Abstract

Salah satu hal yang sangat diharapkan oleh pemerintah Indonesia untuk masyarakatnya demi mencapai kesejahteraannya dalam hidup adalah dapat berdikari, mandiri, serta tidak serta merta menggantungkan apa yang diberikan pemerintah kepadanya melainkan untuk berwirausaha sendiri serta tidak mencari pekerjaan melainkan untuk menciptakan lapangan kerja bagi dirinya dan orang-orang disekitarnya, seperti misalnya usaha dalam bidang jasa, bidang transportasi, kuliner dan yang lainnya. Tentu saja hal ini akan dibentuk melalui berbagai jenis usaha misalnya home industri, CV, koperasi ataupun Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Tujuan penelitian ini adalah membandingkan kualitas laporan keuangan Omah Jenang di Blitar dengan laporan keuangan berdasarkan Standar Akuntansi Entitas Mikro Kecil dan Menengah. Metode penelitian yang digunakan penelitian yaitu penelitian deskripsi kuantitatif dengan pendekatan kasus. Hasil penelitian menunjukan bahwa pada proses pelaksanaan siklus akuntansi yang ada, perusahaan omah jenang tidak melakukan pencatatan atas transaksi dalam buku jurnal dan pencacatan ayat jurnal ke buku besar yang sesuai dengan SAK ETAP dan siklus akuntansi secara umum. Pada penerapan penyusuanan laporan keuangan yang dibuat perusahaan tahun 2016-2018 belum sesuai SAK ETAP karena hanya membuat penyajian laporan keuangan berupa neraca dan laporan laba rugi. Perusahaan omah jenang menyajikan laporan keuangan menggunakan akuntansi sederhana yaitu dengan pengakuan akuntansi basis kas. Pengukuran yang di lakukan berdasarkan nilai nominal dari akun-akun yang tersedia pada laporan keuangan perusahaan omah jenang dan pengungkapan yang ada juga belum sesuai dengan SAK ETAP.

 


Keyword

Penyusunan Laporan Keuangan, SAK ETAP, Perusahaan

Reference

Fahmi. 2011. Analisis Krisis Laporan Keuangan edisi 1. Jakarta: Grafindo Persada.

Gozali, Efia Octavina Donata. 2017. Implementasi Penyajian laporan keuangan berbasis SAK ETAP pada Koperasi di Kota Palembang. Jurnal manajemen dan Bisnis, 15 (1): 25-26.

Raharjo. (2007:53). Studi Penerapan Pencatatan Keuangan pada Usaha Mikro danKecil (UMK) (Studi Kasus pada Usaha Mikro dan Kecil Pengrajin Sepatu dan Sandal Wanita di Wilayah Surabaya Utara dan Barat. Skripsi SarjanaAkuntansi, Program Sarjana Universitas Pembangunan Nasional “Veteran”, Surabaya (tidak dipublikasikan).

Sadeli. 2009. Tujuan Laporan Keuangan. Bandung: Alfabeta.

Supomo. 2009. Metodologi Penelitian Bisnis untuk Akuntansi dan Manajemen, Ed Pertama. Yogyakarta: PBFE.


PUBLISHED

2019-08-01

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 03 No. 02 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade