PENGARUH MOTIVASI KERJA DAN PEMBERIAN INSENTIF TERHADAP EFEKTIVITAS KERJA KARYAWAN DI PDAM WESLEK KABUPETEN LAMONGAN


Author (Penulis)

NUR LENI AGUSTINA AYU ILMIANA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.04.0067

Abstract

ABSTRAK

NUR LENI AGUSTINA AYU ILMIANA: Pengeruh Motivasi Kerja dan Insentif Terhadap Efektivitas Kerja Karyawan di PDAM Weslek, Skripsi, Pendidikan Ekonomi, FKIP UN PGRI Kediri, 2019.

 

Kata kunci: Motivasi Kerja, Pemberian Insentif, Efektivitas Kerja

 

Penelitaian ini dilatar belakangi oleh hasil dari pengamatan peneliti, dimana terdapat beberapa permasalahan yang menarik untuk diteliti. Salah satunya adalah kurangnya semangat dalam bekerja. Namun  semangat kerja sangat penting dalam pekerjaan ini dikarenakan tanpa ada semangat tujuan dari perusahaan tidak akan tercapai.

Penelitian ini memiliki tujuan (1) Untuk mengetahui pengaruh motivasi kerja terhadap efektivitas kerja di PDAM Weslek. (2) Untuk Mengetahui pengaruh pemberian insentif terhadap efektivitas kerja di PDAM Weslek. (3) Untuk  mengetahui pengaruh motivasi kerja dan pemberian insentif terhadap efektivitas kerja di PDAM Weslek.

Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik penelitian menggunakan metode survei. Dengan teknik pengumpulan sampel total sampling dengan jumlah sampel sebanyak 30 responden. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda, analisis koefisien determinasi dan uji hipotesis, dengan bantuan SPSS2018.

Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah (1) Motivasi kerja secara parsial berpengaruh signifikan terhadap efektivitas kerja karyawan sebesar 0,023 < 0,05 yang artinya H0 ditolak dan Ha diterima. (2) Pemberian insentif secara parsial berpengaruh signifikan terhadap efektivitas kerja karyawan sebesar 0,008 < 0,05 yang artinya H0 ditolak dan Ha diterima. (3) Motivasi kerja dan pemberian insentif secara simulatan berpengaruh signifikan terhadap efektivitas kerja karyawan PDAM Weslek sebesar 0,000 < 0,05 yang artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Dari nilai R Square adalah sebesar 0,682, hal ini menunjukkan besarnya motivasi kerja dan pemberian insentif dapat menjelaskan efektivitas kerja karyawan adalah sebesar 68,2% itu berarti masih ada vaiabel lain yang menjelaskan efektivitas kerja yaitu sebesar 31,1% namaun variabel tersebut tidak di teliti dalam penelitian ini..

Perusahaan disarankan untuk lebih memperhatikan motivasi kerjakaryawan dan menghargai kerja keryawan dengan insentif yang sesuai agar efektivitas kerja karyawan dapat meningkat, dimana jika motivasi kerja dan insentif meningkat maka efektifitas kerja karyawanjuga meningkat. Perusahaan juga diharapkan bisa memenuhi keinginan karyawan dengan memberikan insentif agar dapat memotivasi keryawan dan bekerja dengan giat dan mencapai targat dari perusahaan. Karena dengan adanya insentif para akryawan akan lebih semangat dalam melakukan pekerjaan.


Keyword

Motivasi Kerja, Insentif, Efektivitas Kerja

Reference

Hasibuan SP. Melayu. 2007. Organisasi dan Motivasi. Jakarta: Bumi Aksara.

Heidjaman dan Husnan. 2008. Manajemen Personalia. Edisi Empat. Yogyakarta: PBFE

Indriantoro, Nur dan Bambang Supomo. 2011. Metodologi Penelitian Bisnis. Untuk Akuntansi Dan Manajemen. Edisi Pertama. BPEE Yogyakarta.

Nawawi H. 2008. Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Bisnis yang Kreatif. Cetakan kelima. Yogyakarta: Gadjah Mada University Prees.

Priyono. 2007. Pengantar Manajemen. Sidoarjo: Zifatma Publisher.

Siswanto. 2010. Manajemen Tenaga Kerja Indonesia. Bandung: Bumi Aksara.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Steers, Richard M. 2005. Efektivitas Organisasi. Jakarta: Erlangga.

Zuliyanti, Sri. 2005. Pengaruh Pengembangan dan Pengawasan Terhadap Efektivitas Kerja Bagian Produksi PT. Tri Cahaya Pruna

 


PUBLISHED

2019-02-12

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 03 No. 01 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade