PENGARUH JEJARING MEDIA SOSIAL TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI DI UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI


Author (Penulis)

DEVY FEBTRIA PRAHARDYKA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.04.0064

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh jejaring media sosial terhadap perilaku konsumtif mahasiswa Pendidikan Ekonomi di Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Dalam penelitian ini teknik penelitian menggunakan metode survey dan menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan sampel dengan menggunakan probability sampling dengan jumlah sampel sebanyak 76 mahasiswa. Teknis analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier sederhana, analisis koefisien determinasi dan uji hipotesis dengan bantuan spss 23.

Hasil penelitian yang dilakukan dengan tingkat sinifikan 0,000 < 0,05 menunjukkan terdapat pengaruh jejaring media sosial terhadap perilaku konsumtif mahasiswa Pendidikan Ekonomi. Didapatkan persamaan linier sederhana Y = 50,067 + 0,641X yang berarti nilai constant (a) adalah 50,067 dan koefisien dari variabel jejaring media sosial (b) adalah 0,641. Berdasarkan hasil tersebut termasuk kategori kuat. Persamaan regresi yang telah ditemukan dapat digunakan untuk melakukan prediksi (estimasi) bagaimana pengaruh variabel indepanden terhadap besarnya perubahan variabel dependen. Koefisien determinasi dari penelitian ini bahwa pengaruh variabel bebas (jejaring media sosial) terhadap variabel terikat (perilaku konsumtif) adalah 61,9% sedangkan sisanya 38,1% dipengaruhi oleh factor lain.

Kesimpulan dari hasil penelitian ini yaitu bahwa jejaring media sosial mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa Pendidikan Ekonomi di Universitas Nusantara PGRI Kediri.

 

KATA KUNCI : Jejaring Media Sosial, Perilaku Konsumtif.


Keyword

a

Reference

Alyusi. Shiefti Dyah. 2016:1. Media Sosial Interaksi, Identitas, dan Modal Sosial. Jakarta: Prenada Media Group.

Arikunto. 2006:112. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Yogyakarta: Rineka Cipta.

Depdiknas. 2008:728. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Dikmenum. Depdiknas

Ghozali, Imam. 2012:98. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Yogyakarta: Universitas Diponegoro.

Kuss, Mark D. Griffiths, Mark D. 2012:1. Adolescent Online Gaming Addiction. Education and Health Vol 30 No. 1.

Kanserina Dias. 2015. Pengaruh Literasi Ekonomi dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Jurusan  Pendidikan Ekonomi UNDIKSHA 2015. [Jurnal].

Kuncoro. 2009:42. Metode Riset Untuk Bisnis & Ekonomi. Edisi Ketiga. Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. 2015:122. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan RND. Bambang: Alfabeta.

Tambunan. 2001:1. Perekonomian Indonesia: Teori dan Temuan Empiris. Jakarta: Ghalia Indonesia.


PUBLISHED

2019-02-11

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 03 No. 01 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI