HUBUNGAN LITERASI FINANSIAL TERHADAP GAYA HIDUP PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI EDIRI


Author (Penulis)

SITI ZULAIHAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.04.0059

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan literasi finansial terhadap gaya hidup pada mahasiswa pendidikan ekonomi Universitas Nusantara PGRI Kediri. Teknik analisis data yang digunakan yaitu kuantitatif dimana dalam mengolah dan menganalisis data yang diperoleh berupa angka-angka dan dihitung menggunakan analisis deskriptif. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling jenuh. Teknik pengumpulan data dengan memberi kuesioner/angket pada mahasiswa, serta dokumentasi. Sampel yang menjadi responden dalam penelitian sebanyak 40 mahasiswa pendidikan ekonomi Universitas Nusanta PGRI Kediri. Pengujian analisis data menggunakan uji validitas, reliabilitas, uji asumsi klasik dan uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian yang dilakukan yaitu menunjukkan hubungan literasi finansial terhadap gaya hidup mahasiswa Universitas Nusantara PGRI Kediri. Berdasarkan t hitung sebesar -4,225 dengan tingkat signifikan/probabilitas 0,000 < 0,05, maka model regresi dapat dipakai untuk memprediksi variabel gaya hidup, menunjukkan bahwa ada pengaruh variabel bebas (X) terhadap variabel terikat (Y). Dari output tersebut diperoleh koefisien determinasi (R2) sebesar 0,320 yang mengandung pengertian bahwa pengaruh variabel bebas (literasi finansial) terhadap variabel terikat (gaya hidup) adalah 32% sedangkan 68% sisanya dijelaskan oleh variabel  lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini.

 

KATA KUNCI: Literasi Finansial, Gaya Hidup.


Keyword

Literasi Finansial, Gaya Hidup

Reference

DAFTAR PUSTAKA

Azwar, Saiffudin, 2003, Metode Penelitian, Cetakan Ke-enam, Yogyakarta, Penerbit: Pustaka Pelajar.

Arikunto, Suharsimin. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta. Halaman 168

Chen, H. &Volpe, R. P. 2002. Genderdifferences inpersonal financial literacy among college students. Financial services review11(2002) 289-307

Ghozali, Imam. 2012. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Yogyakarta: Universitas Diponegoro.

Kanserina  Dias. 2015. Pengaruh Literasi Ekonomi Dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Pendidikan Ekonomi UNSIKSHA 2015. Volume 5 nomer 1. Tersedia: https://media.neliti.com/media/publications/5374-ID-pengaruh-literasi-ekonomi-dan-gaya-hidup-terhadap-perilaku-konsumtif-mahasiswa-j.pdf

Susanto, A.B. 2003. Potret-Potret Gaya Hidup Metropolis. Jakarta: Kompas Media Nusantara.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Penerbit CV. Alfabeta: Bandung.

Winarsunu, Tulus. (2006). Statistik dalam Penelitian Psikologi dan Pendidikan. Malang : Universitas Muhammadiyah Malang.

Widayati Irin. 2014. Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua, Pendidikan Pengelolaan Keuangan Keluarga, dan Pembelajaran di Perguruan Tinggi Terhadap Literasi Finansial Mahasiswa. Volume 2 nomer 2. Halaman:176-183.

 

 

 


PUBLISHED

2019-02-13

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 03 No. 01 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade