HUBUNGAN LITERASI FINANSIAL TERHADAP KONTROL DIRI PADA MAHASISWA PENDIDIKAN EKONOMI UN PGRI KEDIRI


Author (Penulis)

ENISA LIDIANATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.04.0058

Abstract

ABSTRAK

 

Kata kunci :Literasi Finansial, Kontrol Diri.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan literasi finansial terhadap kontrol diri pada mahasiswa pendidikan ekonomi UN PGRI Kediri. Teknik analisis data yang digunakan yaitu kuantitatif deskriptif dimana dalam mengolah dan menganalisis data yang diperoleh berupa angka-angka dan dihitung menggunakan statistik. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik total sampling. Sampel yang menjadi responden dalam penelitian sebanyak 40 mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Nusantara PGRI Kediri. Hasil penelitian berdasarkan t hitung sebesar 5,084 menunjukkan bahwa ada hubungan literasi finansial terhadap kontrol diri. Dengan tingkat taraf signifikasi 0,000< 0,05  sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Maka model regresi dapat dipakai untuk memprediksi hubungan antara literasi finansial dan kontrol diri. Koefisien determinasi dari penelitian ini (R2) sebesar 0,405 bahwa hubungan literasi finansial terhadap kontrol diri adalah 40,5% sedangkan sisanya  59,5%  dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dikaji dalam penelitian ini.

            Adapun saran yang diberikan adalah 1) Mahasiswa untuk meningkatkan kontrol diri dalam melakukan kegiatan ekonomi khususnya mengontrol pengeluaran uang agar meningkatkan pengetahuan literasi finansial; 2) Orang tua agar memberikan pengetahuan literasi finansial kepada anaknya agar berperilaku ekonomi secara hemat; 3) Peneliti diharapkan dilakukan penelitian yang lebih lanjut agar memperoleh hasil data yang lebih baik sehingga dapat dikembangkan variabel-variabel lain untuk memperkuat pengaruh yang ada.


Keyword

Literasi FInansial, Kontrol Diri

Reference

Baumeister. 2012. Hubungan Kontrol Diri Dan Perilaku Disiplin Mahasiswa Manajemen Universitas Negeri Malang.

 

Bhusan dan Mendury. 2013. Tingkat Literasi Keuangan Pada Mahasiswa S-I Fakultas Ekonomi Universiatas Trisakti. 

 

Burhan Bungin. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta : Kencana Predana Media Group

 

Chen dan Vlope. 2000. Analisis Tingkat Literasi Keuangan Mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang.

 

Ekadyanti Vidya Rahmani. 2016. Hubungan Self Control Penggunaan Uang dengan Intensi Menabung pada Wanita Karir.

 

Moch. Nazir. 2005. Analisis Diskriminasi Tingkat Literasi Keuangan Mahasiswa Dalam Mengelola Keuangan Pribadi. Jurnal Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Alauddin Makasar.

 

Okky Dikria & Sri Umi Mintarti W. 2013. Pengaruh Literasi Keuangan dan Pengendalian Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Mahahsiswa  Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Angkatan 2013.

 

Sekaran. 2006. Persepsi Pengaruh Pengetahuan Keuangan, Sikap Keuangan, Sosial Demografi Terhadap Perilaku Keuangan Dalam Pengambilan Keputusan Investasi Individu Pada Mahasiswa Universiatas Diponegoro.

 

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: CV Alfabeta

 

Suharshimi Arikunto (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pedekatan Praktik.Jakarta: PT.Rineka Cipta.

 

Winarsunu. 2006. Hubungan Kemampuan Literasi Finansial dengan Hasil Belajar Siswa Kelas V di SDN Bunulrejo Yogyakarta. Perpustakan UNY


PUBLISHED

2019-02-11

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 03 No. 01 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade