Pendidikan Ekonomi merupakan salah satu program studi yang berada dalam naungan Perguruan Tinggi. Target utamanya adalah mencetak guru ekonomi yang mumpuni dalam bidangnya. Namun tidak semua orang yang memilih program studi Pendidikan Ekonomi memilih program studi tersebut semata-mata berminat menjadi guru Ekonomi. Karena pemikiran setiap orang berbeda-beda. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi minat mahasiswa Pendidikan Ekonomi di Universita Nusantara PGRI Kediri dalam memilih program studi. Dalam Penelitian ini penulis menggunakan metode Mixed Method, yaitu penggabungan antara metode kuantitatif dan kualitatif dalam satu penelitian. Dari hasil penelitian, ditemukan faktor-faktor yang mempengaruhi mahasiswa memilih program studi Pendidikan Ekonomi. Yaitu, rasa senang, perhatian yang konsisten, bakat, pengaruh keluarga, pengaruh lingkungan, kesempatan belajar, meneruskan jurusan yang sudah dijalani, jenis kelamin, akreditasi, dan banyaknya bidang pekerjaan yang bisa didapat setelah lulus.
Abdurrahman, Mulyono. 2006. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka cipta.
Aqib, Jaenal. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : Yrama Widya.
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, S. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Bumi Aksara.
Azwar, Saifudin. 2010. Sikap Manusia dan Teori Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Belajar Offset.
Bungin, Burhan. 2003. Analisis Data Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT Raja. Grafindo Persada.
Coyle, Daniel. 2013. The Little Book of Talent. Tangerang: Penerbit Gemilang.