analisis penerapan biaya taksiran untuk pengendalian biaya produksi pada UD. Kontomulyo


Author (Penulis)

DESY MAI PRABANSARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.04.0044

Abstract

ABSTRAK

 

Desy Mai Prabansari : Analisis Penerapan Biaya Taksiran Untuk Pengendalian Biaya Produksi Pada UD. Kontomulyo, Skripsi, Pendidikan Ekonomi, FKIP UN PGRI Kediri, 2018.

 

Kata kunci : biaya taksiran, pengendalian biaya produksi.

 

Tujuan penelitian dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis biaya produksi dengan menggunakan analisis biaya taksiran untuk pengendalian biaya produksi pada UD. Kontomulyo.Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Peneliti menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu teknik sampling purposive dikarenakan penelitian ini mempertimbangkan input data dari perusahaan mencatat laporan pada tahun 2015-2017.

Dalam penelitian ini pengembangkan instrumen menggunakan wawancara dan dokumentasi, sedangkan teknik pengumpulan data wawancara dan dokumentasi.Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis selisih (varians) pada biaya produksi, yang meliputi selisih bahan baku, selisih biaya overhead pabik dan selisih tenaga kerja.

Kesimpulan hasil penelitian adalah terjadi selisih menguntungkan pada tahun 2015 sebesar Rp 1.784.587,5 pada tahun 2016 terjadi selisih merugikan sebsar Rp. 1.535.550 dan pada tahun 2017 terjadi selisih menguntungkan yaitu sebesar Rp. 4.781.325. walaupun biaya tenaga kerja mengalami kerugian akan tetapi biaya bahan baku dan biaya overhead pabrk masih bisa menutupi penyimpangan tersebut, maka biaya produksi pada tahun 2015-2017 dapat dikatakan menguntungkan. Varians (selisih) masih dalam batas pengendalian menejemen. Berdasarkan biaya taksiran tersebut perusahaan dapat melakukan perbandingan atas biaya produksi yang sebenarnya dan dapat diketahui penyimpangan yang terjadi dalam biaya produksi sehingga pemilik yang bersangkutan mengambil tindakan-tindakan koreksi untuk mendukung dalam melakukan pengendalian biaya produksi.


Keyword

biaya taksiran, biaya produksi

Reference

DAFTAR PUSTAKA

Mulyadi. 2016. Sistem Informasi Akuntansi. Jakarta: Salemba Empat.

Sugiyono (2014). Metode Penelitian Penididikan Pendekatan Kuantitatif. Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix METHODES). Bandung: Alfabeta.


PUBLISHED

2019-02-07

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 03 No. 01 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade