ABSTRAK
Penelitian ini dilatar belakangi oleh ketidaktepatan perusahaan dalam perhitungan Harga Pokok Produksi dengan menggunakan metode tradisional kurang efektif bagi perusahaan, karena pembebanan biaya bahan baku, biaya tenaga kerja langsung dan biaya overhead pabrik langsung dialokasikan ke produk nya. Oleh karena itu, muncul metode baru dalam perhitungan Harga Pokok Produksi yang dikenal dengan nama Activity-Based Costing (ABC) System.
Tujuan dari diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui perhitungan sistem harga pokok produk berdasarkan sistem tradisional dengan Activity Based Costing System atas produk makanan oleh-oleh khas kediri di UD Sumber Pisang Alam desa Kepung yang dihasilkan tahun 2015-2016.
Hasil penelitian dari pebandingan perhitungan harga pokok produksi menggunakan metode tradisional dengan metode activity based costing system adalah selisih HPP produksi gethuk pisang tahun 2015 sebesar Rp 2,94, tahun 2016 sebesar Rp 1,26, tahun 2017 sebesar Rp 2,68, dan produksi stik tahu tahun 2015 sebesar Rp 29,23, tahun 2016 sebesar Rp 22,92, tahun 2017 sebesar Rp 50,41.
Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini perusahaan direkomendasikan Dalam menghitung harga pokok produksi harus lebih memperhatikan biaya-biaya aktivitas didalam biaya overhead untuk dikelompokkan kedalam biaya aktivitas masing-masig, juga dalam penentuan cost driver harus diperhatikan. Selanjutnya, perusahaan seharusnya mengganti metode dalam penentuan harga pokok produksi dari metode tradisional menjadi metode activity based costing agar perhitungan harga pokok produksi lebih akurat dan efektif
Kata kunci : Harga Pokok Produksi, Sistem Tradisional, Activity Based Costing, Biaya Overhead Pabrik.
DAFTAR PUSTAKA
Alma, Bukhori. 2013. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.
Blocher, David E Stout dan Gery Cokins. 2011. Manajemen Biaya Penekanan. Jakarta: Salemba Empat.
Carter, William K dan Milton F. Usry. 2009. Akuntansi Biaya Edisi 14. Jakarta: Salemba Empat.
Charles, Horngren dkk. 2008. Akuntansi Biaya. Jakarta: PT.Macanan Jaya Cemerlang.
Cooper Robin dan Kaplan Robert S. 2005. The Design of Cost Management Syistem. Cases and Reading, Prentise-Hall.
Fadil dan Priyo Utama. 2015. Teknik Marketing Itu Mudah Perencanaan Marketing Strategis Untuk Mengurus Bisnis. Yogyakarta: Second Hope. Fandy Tjiptono. 2014a. Pemasaran Jasa. Yogyakarta: ANDI.
Farhah, Siti. 2017. Penerapan Metode ABC Untuk Penentuan Harga Pokok Produksi pada CV. Rumah Kerudung Jihan. 4 (4). (https://eprints.iain-surakarta.ac.id/). Diunduh pada tanggal 25 November 2017.
Firdaus, Ahmad dan Wasilah Abdullah. 2009. Akuntansi Biaya. Jakarta: Salemba Empat.
Garrison, Ray H, Erric W. Norren, dan Peter C. Brewer. 2016. Akuntansi Manajerial. Jakarta: Salemba Empat.
Halim, Abdul. 2013. Akuntansi Manajemen. Yogyakarta: BPFE.
Indriantoro, Nur dan Supomo. 2013. Metodologi Penelitian Bisnis untuk Akuntansi dan Manajemen. Yogyakarta: BPFE.
Kotler, Philip dan Gary Armstrong. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran. Jakarta: Airlangga.
Morrisan, A.M. 2010. Periklanan Komunikasi Terpadu. Jakarta: Kencana.
Mulyadi. 2003. Activity Based Cost System.Yogyakarta: STIM YKPN.
Mulyadi. 2016. Akuntansi Biaya. Yogyakarta: STIM YKPN.
Nafarin. 2009. Penganggaran Perusahaan. Jakarta: Salemba Empat.
Nirwana. 2012. Pemasaran Jasa. Malang: Alta Pustaka.
Prastiti, Ayu Esa Dwi. 2016. Analisis Penentuan Harga Pokok Produksi Dengan Menggunakan Metode Activity Based Costing System (Sistem ABC) (Studi Kasus pada CV. Indah Cemerlang Malang, 3 (4). (https://jurnal.unpand.ac.id). Diunduh pada tanggal 25 November 2017.
Ratna, Wijayanti. 2011. Penerapan Activity Based Costing System untuk Menentukan Harga Pokok Produksi pada PT. Industri Sandang Nusantara Unit Patal Secang, 1 (4). (https://journal.uny.ac.id/article/view). Diunduh tanggal 22 November 2017.
R, Don Hansen dan Maryane M. Mowen. 2009. Akuntansi Manajerial. Jakarta: Salemba Empat.
Setyaningsih, Siti Laeni. 2011. Analisis Penentuan Harga Pokok Produk Berdasarkan Sistem Activity Based Costing (ABC) Pada Pabrik Roti “Sumber Rejeki” Gunung Pati, 2 (4). (https://lib.unnes.ac.id). Diunduh pada tanggal 25 November 2017.
Simamora, Henry. 2012. Akuntansi Manajemen. Jakarta: Star Gate Publisher.
Slamet, Achmad. 2007. Penganggaran Perencanaan dan Pengendalian Usaha. Semarang: UNNES PRESS.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sunyoto, Danang. 2012. Dasar-dasar Menejemen Pemasaran Konsep, Strategi Dan Kasus. Yogyakarta: CAPS.
Sukardi. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta : PT Bumi Aksara.
Supriyono. 2011. Akuntansi Biaya Pengumpulan Biaya dan Penentuan Harga Pokok. Yogyakarta: BPFE.
Tjiptono, Fandy. 2008. Strategi pemasaran. Yogyakarta: ANDI.
Tjiptono, Fandy. 2014. Pemasaran Jasa. Yogyakarta: ANDI.