ANALISIS KEMAMPUAN LABA DAN ARUS KAS OPERASI UNTUK MEMPREDIKSI ARUS KAS OPERASI DI MASA MENDATANG PADA PERUSAHAAN MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR DI BEI 2012-2016


Author (Penulis)

MUHAMMAD WAHID HASIM AS'ARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.04.0036

Abstract

 

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui arus kas yang dapat memprediksi laba dimasa mendatang dan arus kas operasi tahun ini yang dapat memprediksi arus kas operasi pada masa mendatang.

Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah pendekatan kuantitatif. Teknik ini menggunakan teknik hubungan kausal. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dengan kriteria. Sampel sebanyak 8 perusahaan dari 12 populasi dan dianalisis menggunakan regresi linier berganda dengan software SPSS for windows versi 23. Instrumen penilaian menggunakan data kuantitatif

Hasil pembahasan dari penelitian ini adalah (1) bahwa secara parsial laba mampu memprediksi arus kas operasi dimasa mendatang diperoleh nilai signifikan uji t sebesar 0,000. (2) bahwa secara parsial arus kas mampu memprediksi arus kas operasi dimasa mendatang diperoleh nilai signifikan sebesar 0,000. (3) bahwa laba dan arus kas secara simultan mampu memprediksi arus kas operasi dimasa mendatang dengan nilai signifikan uji F sebesar 0,000.

Kesimpulan dalam penelitian ini adalah hasil penelitian menunjukkan hasil perhitungan dapat disimpulkan bahwa Laba dan Arus Kas secara parsial mampu memprediksi Arus Kas Operasi di Masa Depan, Berdasarkan hasil pengujian prediksi bahwa Laba dan Arus Kas mampu memprediksi Arus Kas Operasi di Masa Depan. Berdasarkan hasil penelitian diharapkan dapat berguna bagi investor dan perusahaan untuk mengambil keputusan dalam berinvestasi serta dalam menganalisis laporan keuangan dengan baik.

 

KATA KUNCI  : Laba, arus kas operasi, arus kas operasi masa mendatang


Keyword

LABA, ARUS KAS OPERASI, ARUS KAS OPERASI MASA MENDATANG

Reference

DAFTAR PUSTAKA

Adisasmita, Rahardjo. 2005. Dasar-dasar Ekonomi Wilayah. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Nany, Magdalena. 2013. Analisis Kemampuan Prediksi Arus Kas Operasi (Studi pada Bursa Efek Indonesia). Jurnal Dinamika Akuntansi Vol.2 No.1 pp 35-46 ISSN 2085-4277.

Widodo, Eko. 2001. Kemampuan Prediksi Informasi Arus Kas dan Laba Terhadap Informasi Arus Kas Satu Tahun Kedepan Dengan Auto Redressive Distributed Lag Model. Jurnal Akuntansi dan Manajemen ISSN 0853-1296.

Yaniartha, D’Yan. 2010. Kemampuan Prediksi Laba dan Arus Kas dalam Memprediksi Laba dan Arus Kas Masa Depan. Jurnal Ekonomi Bisnis.

Zhao, Yuqi, Garry Hobbes Dan Sue Wright. 2007. Predicting Future Cash Flow From Operations: Australian Advance. Makalah 20th Australian Finance And Banking Conference.


PUBLISHED

2019-02-14

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 03 No. 01 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade