ANALISIS PENGENDALIAN INTERN ATAS PERSEDIAAN BARANG DAGANG PADA PT. KAMPUNG COKLAT BLITAR


Author (Penulis)

DWI LUFITASARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.04.0029

Abstract

ABSTRAK

 

 

            Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana pengendalian internal persediaan barang dagang yang diterapkan PT. Kampung Coklat sudah cukup efektif bagi perusahaan.

            Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik analisis yang digunakan adalah pengumpulan data dan informasi tentang sistem informasi akuntansi persediaan barang dagang yang diterapkan PT. Kampung Coklat Blitar, mengidentifikasi sistem pengendalian internal dalam sistem informasi akuntansi persediaan barang dagang, kemudian evaluasi terhadap sistem pengendalian internal persediaan barang dagang yang diterapkan pada PT. Kampung Coklat Blitar, menyimpulkan adanya kelebihan atau kelemahan yang ada pada sistem pengendalian internal dalam sistem informasi akuntansi persediaan barang dagang yang ada pada PT. Kampung Coklat Blitar.

            Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sistem pengendalian internal persediaan barang dagang PT. Kampung Coklat yang digunakan sudah baik namun masih ditemukan beberapa celah yang perlu diperbaiki yaitu celah pada tugas ganda yang di tanggung oleh bagian produksi yang seharusnya terpisah dengan bagian gudang. Hal ini dilihat berdasarkan hasil pengecekan unsur-unsur pokok sistem pengendalian internal persediaan barang dagang serta prosedur yang membentuk sistem persediaan barang dagang pada perusahaan yang diterapkan sehingga dapat diketahui kekurangannya.

            Di lihat dari adanya kekurangan tersebut seharusnya perusahaan perlu adanya deskripsi tugas yang jelas pada semua bagian sehingga meminimalisir penggandaan tugas pada setiap fungsi yang pada akhirnya meningkatkan kontrol pada setiap bagian.

 

KATA KUNCI : Sistem Pengendalian Internal, Persediaan Barang Dagang.


Keyword

PENGENDALIAN INTERN, PERSEDIAAN BARANG DAGANG

Reference

Amanda, dkk. 2015. Analisis Efektifitas Sistem Pengendalian Internal atas Persediaan Barang Dagang pada Grand Hardware Manado. Universitas Sam Ratulangi Manado. Vol. 3 No. 3 September 2015. Jurnal Emba. ISSN 2303-11.

Jusup. 2012. Dasar-Dasar Akuntansi Jilid 1 Edisi ke-7. Yogyakarta: Bagian Penerbit Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YKPN.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitataif, dan R&D. Bandung: Alfabeta


PUBLISHED

2019-02-07

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 03 No. 01 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade