PENGARUH LITERASI EKONOMI DAN PERSEPSI TEMAN SEBAYA TERHADAP PERILAKU PEMBELIAN IMPULSIF UNTUK PRODUK FASHION DI ONLINE SHOP PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN PEMASARAN DI SMK 17 PARE KABUPATEN KEDIRI


Author (Penulis)

RISKA OKTAVIA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.04.0025

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh literasi ekonomi dan persepsi teman sebaya secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama terhadap perilaku pembelian impulsif untuk produk fashion di online shop pada siswa kelas X program keahlian pemasaran di SMK 17 Pare Kab. Kediri. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif melalui metode survey dengan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi ganda. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah stratified random sampling dengan jumlah responden sebanyak 100 siswa. Teknik pengumpulan data berupa tes, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan literasi ekonomi terhadap perilaku pembelian impulsif untuk produk fashion di online shop pada siswa kelas X program keahlian pemasaran di SMK 17 Pare Kab. Kediri. (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan persepsi teman sebaya terhadap perilaku pembelian impulsif untuk produk fashion di online shop pada siswa kelas X program keahlian pemasaran di SMK 17 Pare Kab. Kediri. (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan literasi ekonomi dan persepsi teman sebaya secara bersama-sama terhadap perilaku pembelian impulsif untuk produk fashion di online shop pada siswa kelas X program keahlian pemasaran di SMK 17 Pare Kab. Kediri. Koefisien determinasi (R2) literasi ekonomi dan persepsi teman sebaya terhadap perilaku pembelian impulsif sebesar 0,640 atau 64%.


Keyword

LITERASI EKONOMI, PERSEPSI TEMAN SEBAYA, DAN PERILAKU PEMBELIAN IMPULSIF

Reference

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian: suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Indah, Pratiwi. 2017. Pengaruh literasi ekonomi, kelompok teman sebaya, dan kontrol diri terhadap perilaku pembelian impulsif untuk produk fashion di online shop pada mahasiswa jurusan pendidikan ekonomi UNDIKSHA. Jurnal pendidikan ekonomi, Universitas Pendidikan Ganesha.Vol. 9 No. 1, hlm. 2.

Lisda, Rahmasari. 2010. Menciptakan impulse buying. Majalah ilmiah informatika. Vol. 1 No. 3. hlm. 56-68.

Mathews, L. G. 1999. Promoting economic literacy: ideals for your classroom. Paper prepared for the 1999 AAEA Annual Meeting Nashfille, Tennessee.

Saifudin, Azwar. 2012. Penyusuna skala psikologi edisi dua. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Sugiyono. 2013. Metode penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta.


PUBLISHED

2019-02-14

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 03 No. 01 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade