ANALISIS PERBANDINGAN PENILAIAN PERSEDIAAN BERAS MENGGUNAKAN GROSS PROFIT METHOD DAN RETAIL INVENTORY METHOD GUNA MENENTUKAN HARGA POKOK PENJUALAN PADA CV. KEMBAR JAYA


Author (Penulis)

DELA NOVITA DEWI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.04.0024

Abstract

ABSTRAK

Dela Novita Dewi : Analisis Perbandingan Penilaian Persediaan Beras Menggunakan Gross Profit Method dan Retail Inventory Method Guna Menentukan Harga Pokok Penjualan pada CV. Kembar Jaya, Skripsi, Pendidikan Ekonomi, FKIP UN PGRI Kediri, 2018.

Kata Kunci : gross profit method, retail inventory method, harga pokok penjualan.

            Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk menganalisis perbandingan penilaian persediaan beras  menggunakan gross profit method dan retail inventory method. (2) Untuk menganalisis perbandingan penilaian persediaan beras guna menentukan harga pokok penjualan pada CV. Kembar Jaya.

            Penelitian ini dilakukan pada CV. Kembar Jaya, di Desa Jombok, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Jombang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan menggunakan teknik penelitian ex post facto. Metode pengumpulan data dengan menggunakan cara wawancara atau interview dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah laporan persediaan beras selama tahun 2016, dengan sampel laporan persediaan beras teduh, beras bernad, beras dewi sri, beras sumber urip dan beras bramo. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling. Instrumen penelitian menggunakan wawancara dan dokumentasi.

            Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah penentuan harga pokok penjualan dengan menggunakan gross profit method seluruhnya lebih kecil dari retail inventory method. Hal ini dapat dilihat dari hasil selisih yang dihasilkan yaitu beras teduh Rp 50.670.000, beras bernad Rp 42.187.500, beras dewi sri Rp 42.652.500, beras sumber urip Rp 44.786.875 dan beras bramo Rp. 51.850.625.

            Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan perusahaan menggunakan metode taksiran gross profit method dalam menentukan penilaian persediaan guna menentukan hasil harga pokok penjualan, karena metode ini menunjukkan perhitungan yang lebih wajar yang akan berpengaruh kepada besar kecilnya laba yang dihasilkan perusahaan atau dengan kata lain keuntungan yang diperoleh oleh sebuah perusahaan, yang dimaksud menguntungkan disini adalah menguntungkan untuk kepentingan pembentukan laba akuntansi perusahaan bukan untuk laba rill karena jika ada keuntungan laba rill menggunakan gross profit method akan memunculkan pajak yang lebih tinggi, dalam hal ini terutama pada CV. Kembar Jaya.

 

 


Keyword

GROSS PROFIT METHOD, RETAIL INVENTORY METHOD, HARGA POKOK PENJUALAN

Reference

DAFTAR PUSTAKA

Anwar, Nurul F, dkk. 2014. Analisis Penerapan Metode Pencatatan Dan Penilaian

Terhadap Persediaan Barang Menurut PSAK No. 14 pada PT. Tirta Investama DC Manado. Jurnal EMBA. ISSN 2303-1174. Tanggal akses 28 November 2017.

 

Anggoro. M. Toha, dkk. 2012. Metode Penelitian. Jakarta: Universitas Terbuka, halaman 43.

 

Arikunto,S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

 

Baridwan, Z. 2011. Intermediate Accounting. Yogyakarta : BPFE.

 

Burhan Bungin. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif: Komunikasi, Ekonomi, dan kebijakan Publik Serta Ilmu-ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana, hal. 99.

 

Halimah, Nur. 2017. Analisis Gross Profit Method Dan Retail Inventory Method Persediaan Untuk Menentukan Harga Pokok Penjualan Pada Toko Sinar Jaya. Disertasi. Tidak dipublikasikan. Kediri: FKIP UN PGRI KEDIRI.

 

Hariyati, dkk. 2016.  Akuntansi Keuangan Menengah. Jakarta: Salemba Empat.

 

Hidayat,  Taufik.  2012.  Analisis  Penerapan  Metode  Pencatatan  dan  Penilaian  Persediaan  Barang  Dagangan  di Swalayan (Studi  Kasus  pada Swalayan Business  Centre UIN  Malang).  Skripsi.  Jurusan Pendidikan  Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Tarbiyah Universitas Islam  Negeri Malang. http://lib.uin-malang.ac.id/?mod=th_detail&id=08130081 Tanggal akses 28 November 2017. Hal. 1.

 

Jusup, H. 2011. Dasar-dasar Akuntansi. Yogyakarta: Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi.

 

Martani Dwi, dkk. 2016. Akuntansi Keuangan Menengah Berbasis PSAK. Jakarta: Salemba Empat.

 

Mulyadi. 2010. Akuntansi Biaya Edisi ke 5. UPP STIM YKPN. Yogyakarta.

 

Ridwan. 2010. Pengantar statistika untuk penelitian pendidikan, social, ekonomi, komunikasi dan bisnis. Bandung: Alfabeta, Halaman 54.

 

 

 

 

Sambuaga,  Reinhard  S.  2013.  Evaluasi  Akuntansi  Persediaan  pada  PT.Sukses  Era  Niaga  Manado.   Jurnal EMBA. ISSN 2303-1174 No.4. Vol.1. Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sam Ratulangi.   Tanggal akses 28 November 2017. Hal. 1697-1705.

 

Sugiyono,  Arif,  dkk.  2010.  Akuntansi  &  Pelaporan  Keuangan  untuk  Bisnis  Skala  Kecil  dan  Menengah.  PT.Gramedia Widisarana Indonesia, Jakarta.

 

Sugiyono. 2012. Statistika untuk Penelitian. Bandung: ALFABETA.

 

Ikatan  Akuntan Indonesia.  2015.  Standar  Akuntansi  Keuangan.  Cetakan  kedua.  Dewan  Standar  Akuntansi Keuangan Ikatan Akuntan Indonesia, Jakarta.

 

 

 


PUBLISHED

2019-02-09

JOURNAL

Simki-Economic

ISSN

2599-0748

ISSUE

Vol. 03 No. 01 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade