PENGARUH PERMAINAN SIMULASI TERHADAP PEMAHAMAN DAN SIKAP ETIKA KEWARGANEGARAAN PADA SISWA KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH KEDIRI TAHUN AJARAN 2018-2019


Author (Penulis)

RIZHAL NUGRAHA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.03.0018

Abstract

ABSTRAK

 

Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan yang dilakukan pada waktu praktek pengalaman lapangan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran PPKn di SMA masih monoton yaitu didominasi oleh sehingga dalam siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Akibatnya suasana kelas pasif dan membosankan. Hal tersebut nampak dari beragumentasi siswa yang kurang maksimal.

 

Permasalahan dalam penelitian ini adalah: 1. Bagaimana pemahaman etika kewarganegaraan siswa dengan menggunakan metode permainan simulasi? 2. Bagaimana pemahaman etika kewarganegaraan siswa dengan menggunakan metode konvensional? 3. Adakah pengaruh permainan simulasi terhadap sikap etika kewarganegaraan pada siswa kelas XI SMA Muhammadiyah Kediri tahun ajaran 2017/2018?

 

Penelitian ini dilaksanakan di SMA Muhammadiyah Kota Kediri, dengan populasi sebanyak 270 siswa dan menggunakan 30 sampel siswa dengan menggunakan teknik penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Instrumen penelitiannya adalah RPP, soal pilihan ganda dan Angket. Sedangkan analisis datanya menggunakan One-sample t test.

 

Berdasarkan hasil pengujian hipotesis,1. diketahui bahwa diperoleh nilai mean 86,60 maka norma hipotesis yang pertama adalah benar dan sesuai yaitu “Hipotesis 1 diterima jika pemahaman etika kewarganegaraan siswa dengan menggunakan metode permainan simulasi baik. hipotesis 2. diketahui bahwa diperoleh nilai mean 67,20 maka norma hipotesis yang kedua adalah benar dan sesuai yaitu “Hipotesis 2 diterima jika pemahaman etika kewarganegaraan siswa dengan menggunakan metode permainan simulasi kurang baik.  hipotesis ke 3. diketahui bahwa diperoleh persentase nilai t hitung 233,689 dapat diketahui bahwa dengan nilai t tabel  ≥ 1% maka sangat signifikan. Jadi model permainan simulasi dapat diterapkan di kelas XI karena dapat meningkatkan hasil belajar, melatih siswa untuk berfikir kritis dan mengemukakan pendapat sesuai dengan peran yang dimainkan sehingga suasana belajar menjadi berkesan dan tidak membosankan.

 

KATA KUNCI  : Permainan simulasi, Etika kewarganegaraan.


Keyword

a

Reference

Apeles, theodorus. 2013, Etika kewarganegaraan. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

 

Arikunto. 2016. Prosedur Penelitian : suatu pendekatan praktik. Jakarta : PT Rineka Cipta.

 

Aris, shoimin. 2004,Model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013.Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.

 

Hasibuan dan Moedjiono. 2006. Proses Belajar Mengajar. Bandung :remaja rosdakarya.

 

Sugiyono . 2006. Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung : Alfabeta.

 

Sugiyono . 2016. Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung : Alfabeta.

 

Suryanto. 2013. Panduan Penulisan Karya Tulis Ilmiah. Kediri : Universitas Nusantara PGRI.

 

Branson. 1994. Civic Education, Civic Skill, Civic Dispotation. (online) tersedia:https://www.google.co.id/sear?hl=id&q=civic+skill+menurut+branson (diakses tanggal 23 April 2018 ).

Gunawan, Andi. 2012. Tujuan Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. (online) tersedia : htp//wawasan.blogspot.com/2012/03/Tujuan-Pendidikan-Pancasila dan Kewarganegaraan.Html.(diakses 25 November 2016)


PUBLISHED

2018-08-17

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 11 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI