Pengaruh Model Pembelajaran Project Citizen terhadap Sikap Siwa Pada Pemecahan Masalah Hak Asasi Manisia Siswa Kelas XI SMA Muhammadiyah Kediri


Author (Penulis)

SAFIQ FARISI SAYOGA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.03.0016

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan yang dilakukan pada waktu praktek pengalaman lapangan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran PPKn di SMA masih monoton yaitu didominasi oleh guru dalam pembelajaran siswa kurang aktif dalam pembelajaran dan monoton belajar melalui buku buku saja tanpa mengamati keadaan realita secara langsung. Akibatnya suasana kelas pasif dan membosankan. Hal tersebut nampak dari beragumentasi siswa yang kurang maksimal.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah: 1.Adakah pengaruh model pembelajaran project citizen terhadap sikapsiswapadapemecahan masalah hak asasi manusia siswa peminatan IPA? 2.Adakah pengaruh model pembelajaran project citizen terhadap sikapsiswapadapemecahan masalah hak asasi manusia siswa peminatan IPS? 3.Adakah perbedaansignifikanmodel pembelajaran project citizen terhadap sikapsiswapadapemecahan masalah hak asasi manusia siswa peminatan IPA dan IPS siswa kelas XI SMA Muhamadiyah Kota Kediri tahun ajaran 2017/2018?

Penelitian ini dilaksanakan di SMA Muhammadiyah Kota Kediri, dengan populasi sebanyak60 dan menggunakan 60 sampel siswa dengan menggunakan teknik penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Instrumen penelitiannya adalah RPP dan Angket. Sedangkan analisis datanya menggunakan pairet sample t-test dan independen sample t-test.

Berdasarkan hasil pengujian hipotesis,1. diketahui bahwa diperoleh nilai Sig (2-tailed) 0,000 < 0,05 (pedoman taraf signifikan), maka Ho ditolak yang artinya terdapat perbadaan sebelum dilakukan perlakuan dan setelah dilakukan perlakuan. hipotesis 2. diketahui bahwa diperoleh nilai Sig (2 tailed) 0,000 < 0,05 (pedoman taraf signifikan), maka Ho ditolak yang artinya terdapat perbedaan sebelum dilakukan perlakuan dan setelah dilakukan perlakuan. hipotesis ke 3. diketahui bahwa diperoleh rata kelas IPA 70,40 dan IPS 69,23 dan nilai signifikansi (484) lebih besar dari (0,05), bardasarkan hasil perhitungan tersebut dapat disimpulkan bahwa tidak ada perbedaan pemahaman antara siswa IPA dan IPS yaitu (Ha) ditolak dan (Ho) diterima. Jadi model pembelajaran project citizen dapat diterapkan di kelas IPA maupun IPS karena dapat melatih siswa untuk berfikir kritis dan dan dapat memahami secara langsung terkait materi pelajaran hak asasi manusia.

Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) dengan menggunakan model pembelajaran project citizen terhadap pemecahan masalah hak asasi manusia siswa. (2) Guru harus dapat menentukan model pembelajaran yang sesuai dengan materi dan perkembangan zaman dan karakteristik peserta didik sehingga proses pembelajaran dapat berlangsung secara maksimal, menyenangkan, dan berkesan baik bagi guru maupun siswa. (30 Penerapan model pembelajaran dapat membantu motivasi belajar siswa.


Keyword

project citizen,pemecahan masalah HAM

Reference

Aris, shoimin. 2004,Model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013.Yogyakarta : Ar-Ruzz Media.

Hasibuan dan Moedjiono. 2006. Proses Belajar Mengajar. Bandung :remaja rosdakarya.

Mifbakhuddin, 2011 Pendidikan multikultural pada pendidikan bahasa dan budaya, http://jurnal.unimus.ac.id  lensa volume 1 nomor 2 juli –desember 2011

Sugiyono . 2010. Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan kuantitatif,

            Kualitatif, dan R & D. Bandung : Alfabeta

Suryono Yaya, rusdiana. 2015 pendidikan multikultural .pustaka setia: Bandung

Suryanto, Nursalim. 2015. Analisis Teoritik Model pembelajaran berlatar Belakang Isu-isu kontroversial di Perguruan Tinggi. Jurnal Nusantara of Research, (Online), 02 (02) : 178, tersedia: www.nusantara.ojs.ac.id, diunduh 25 Januari 2018

Suparlan, Parsudi (2002). Menuju masyarakat Indonesia yang Multikultural. Jurnal Antropologi Indonesia.

Undang-undang RI. Nomor. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Sinar Grafika, 2009

Branson.1994.civicedication,civicskill,civicdispotation.(online)tersed:http:www.google.co.id/  sear?hl=id&q=civic+skill+menrut+branson(diakses tanggal 19 desember 2018)


PUBLISHED

2019-02-19

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 03 No. 04 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade