PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM POSING DENGAN MEDIA BERITA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKn KELAS X SMAN 1 PLOSOKLATEN


Author (Penulis)

MUFTI EZHA KUMALA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.03.0010

Abstract

Abstrak

 

Penelitian ini di latar belakangi dari hasil pengamatan peneliti, bahwa penerapan pembelajaran selama ini sering menggunakan metode konvensional, yaitu pembelajaran yang digunakan dalam bentuk caramah, tanya jawab, diskusi dan pemberian tugas. Di sini pembelajaran berpusat pada guru, guru berperan aktif dan siswa cenderung bersikap pasif sehingga proses pembelajaran di sini kurang seimbang. Siswa hanya bertugas mendengarkan, memperhatikan, mencatat yang telah dijelaskan oleh gurunya. Hal tersebut membuat para siswa merasa bosan, mengantuk, bersikap acuh pada pembelajaran.

Tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem Posing terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X SMAN 1 Plosoklaten. (2) Untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem Posing dengan menggunakan media berita koran terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas X SMAN 1 Plosoklaten . (3) Untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa kelas X SMAN 1 Plosoklaten antara yang menggunakan model pembelajaran Problem Posing dengan media berita koran dan Problem Posing tanpa media berita koran.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan subyek penelitian siswa kelas X SMAN 1 Plosoklaten. Penelitian ini menggunakan instrumen soal tes. Metode pengujian hipotesis dengan uji-t atau uji beda menggunakan paired sample t-test dan independent sample t-test.

Kesimpulan hasil penelitian ini adalah : (1) Ada pengaruh signifikan penggunaan model pembelajaran Problem Posing tanpa media berita terhadap kemampuan berpikir kritis pada siswa dengan dibuktikan presentase nilai sig. (2-tailed) 0,000<0,05. (2) Ada pengaruh signifikan penggunaan model pembelajaran Problem Posing dengan media berita terhadap kemampuan berpikir kritis pada siswa dibuktikan presentase nilai sig. (2-tailed) 0,000<0,05. (3) Ada perbedaan yang signifikan pada kemampuan berpikir kritis setelah menggunakan model pembelajaran Problem Posing tanpa media berita koran dan Problem Posing dengan media berita koran pada siswa dibuktikan presentase nilai sig. (2-tailed) 0,000<0,05.

Berdasarkan simpulan dari penelitian ini, direkomendasikan : (1) penerapan model pembelajaran Problem Posing dengan media berita koran dan Problem Posing tanpa media berita koran dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa. (2) guru dapat meningkatkan hasil beajar siswa dengan menggunakan berbagai macam variasi model pembelajaran yang sesuai dengan materi yang akan diajarkan kepada siswa. (3) penggunaan model pembelajaran dapat membantu siswa agar lebih aktif dan dapat menumbuhkan minat belajarnya.

 

Kata kunci : Problem Posing, Media Berita Koran, Kemampuan Berpikir Kritis


Keyword

a

Reference

DAFTAR PUSTAKA

Sumber dari Buku :

Huda Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Maunah Binti. 2009. Landasan Pendidikan. Yogyakarta : TERAS

Suyatno. 2009. Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo : Masmedia Buana Pustaka

Suryanto. 2015. Model Pembelajaran Isu-Isu Kontroversial. Surabaya : Jenggala Pustaka Utama

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta

Tolip, Nuryadi. 2016. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Undang-Undang Republik Indonesia nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Sumber dari Internet :

Alec Fisher. 2009. Ciri-Ciri Berpikir Kritis (online) tersedia : https://www.kajianmakalah.com (diakses tanggal 19 April 2018)

Amri. 2013. Prinsip Model Pembelajaran Problem Posing (online) tersedia: https://modelpembelajaran1.wordpress.com (diakses tanggal 25 Maret 2018)

Djuraid. 2009. Pengertian Berita (online) tersedia : https://www.kata.co.id  (diakses tanggal 15 April 2018)

Ennis,R.H. 2005. Critical Thinking (online) tersedia : http://kinerja.unnes.ac.id (diakses tanggal 1 Mei 2018)

Pengertian-Jenis-Langkah-langkah-dan-Kelebihan-Model-Pembelajaran-Problem-Posing (online) tersedia : http://www.wawasanpendidikan.com (diakses tanggal 20 Maret 2018)

Pengertian-berpikir-kritis (online) tersedia: http://www.kajianmakalah.com (diakses tanggal 31 Maret 2018) 

Pengertian-media-cetak-menurut-para-ahli (online) tersedia: https://pakarkomunikasi.cpm (diakses tanggal 10 April 2018)

Suyitno Amin. 2004. Model Pembelajaran Problem Posing (online) tersedia: https://ashidiqpermana.wordpress.com (diakses tanggal 11 Maret 2018)

Thobroni dan Mustofa. 2012. Model Pembelajaran Problem Posing (online) tersedia : https://www.kajianpustaka.com (diakses tanggal 18 Maret 2018)


PUBLISHED

2018-08-19

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 05 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI