PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN METODE DISKUSI TERHADAP KEMAMPUAN MENGEMUKAKAN PENDAPAT DAN KEMAMPUAN MEMECAHKAN MASALAH SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH KOTA KEDIRI


Author (Penulis)

SUSIKA CANDRA OKTAVIA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.03.0009

Abstract

ABSTRAK

SUSIKA CANDRA OKTAVIA, Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Metode Diskusi X SMA Muhammadiyah Kota Kediri Tahun Pelajaran  2017/2018, PPKn , UN PGRI Kediri 2018.

Kata Kunci : Model Pembelajaran Problem Based Learning, metode diskusi, kemampuan mengemukakan pendapat, dan kemamuan memecahkan masalah.

            Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil  pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa dalam pembelajaran PPKn bagi siswa masih sulit untuk mengembangkan potensi dirinya, ini berarti proses  pendidikan itu harus berorientasi kepada siswa (student active learning).  Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan diharapkan dapat membangun rasa percaya diri siswa sehingga siswa dapat berani mengungkapkan argumentasi atau pendapat guna memecahkan masalah. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Apakah model pembelajaran Problem Based Learning berpengaruh signifikan terhadap kemampuan mengemukakan pendapat dan kemampuan memecahkan masalah siswa kelas X SMA Muhammadiyah Kota Kediri 2017/2018, (2) Apakah metode diskusi berpengaruh signifikan terhadap kemampuan mengemukakan pendapat dan kemampuan memecahkan masalah SMA Muhammadiyah Kota Kediri 2017/2018. (3) Apakah ada perbedaan yang signifikan antara kelas yang diberi model pembelajaran Problem Based Learning dan kelas yang diberi metode diskusi terhadap kemampuan siswa kelas X SMA Muhammadiyah Kota Kediri 2017/2018 dalam mengemukakan pendapat dan memecahkan masalah.

            Penelitian ini menggunakan  pendekatan  penelitian kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas X SMA Muhammadiyah Kota Kediri tahun 2017 / 2018. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X1 dan X2   yang masing-masing terdiri 30 siswa. Teknik analisis menggunakan teknik analisis uji-t ( pairet sample t-test dan Independent t-test).

Berdasarkan peneliti dapat diambil kesimpulan (1) Model pembelajaran Problem Based Learning berpengaruh signifikan terhadap kemampuan mengemukakan pendapat dan kemampuan memecahkan masalah siswa kelas X SMA Muhammadiyah Kota Kediri 2017/2018. (2) Metode diskusi berpengaruh signifikan terhadap kemampuan mengemukakan pendapat dan kemampuan memecahkan masalah siswa kelas X SMA Muhammadiyah Kota Kediri 2017/2018. (3) Tidak ada perbedaan yang signifikan antara kelas yang diberi model pembelajaran Problem Based Learning dan kelas yang diberi metode diskusi terhadap kemampuan mengemukakan pendapat dan kemampuan memecahkan masalah siswa kelas X SMA Muhammadiyah Kota Kediri 2017/2018.

 

                                                      


Keyword

a

Reference

DAFTAR PUSTAKA

Abidin. 2014. Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikullum 2013. Bandung :Revika Aditama.

Anindawati, Dewi Henrika, 2013. Teknik Permainan Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengungkapkan Pendapat Siswa. Sripsi. Univeritas Negeri Semarang.

Arikunto,  Suharsimi 2006. Prosedur  Penelitian Suatu Pendekatan Praktiik. Edisi Revisi VI. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Hendrikus, Dori Wuwur,1991. Retorika Terampil Berpidato, Berdiskusi, Berargumentasi, Bernegosiasi. Yogyakarta : Kanisius.

Karnadi, 2009. Pengaruh Jenis Kelamin dan Kreativitas Terhadap Kemampuan Mengungkapkan Pendapat Anak Kelas Rendah Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar. Jakarta. FKIP Universitas Negeri Jakarta.

Majid ,Abdul. 2008. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standart Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Roestiyah, NK. 1991. Strategi Belajar Mengajar.  Jakarta : Rineka Cipta.

Ruminiati,2007. Pengembangan Pendidikan Kewarganegaraan SD.Skripsi. Surakarta: UMS.

Ruslan, Rosady. 2003. Metode Penelitian PR dan Komunikasi. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Rusman. 2013. Model-Model Pembelajaran. Jakarta : Rajawali Pers.

Sanjaya, Wina. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi  Standart Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana.

Siburian ,Jodion. 2010. Paduan Materi Pembelajaran Model Pembelajaran Sains. Bandung : Revika Aditama.

Sugiyono .2015. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif dan R&D). Bandung: CV Alfabeta.

Suryosobroto. 2002. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta : Rineka Cipta.

Sutawidjaya ,Akbar. 1991. Pendidikan Matematika III. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Syaiful, Bahri Djamarah. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Tohirin. 2007. Bimbingan Konseling di Sekolah dan Madrasah.Jakarta: Raja Grafindo Persada.

71

Trianto. 2013. Mendesain Model Pembelejaran Terpadu : Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikullum tingkat Satuan Pendidikan KTSP. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Wardhani, Sri. 2010. Kemampun Pemecahan Masalah Matematika di SD. Yogyakarta: PPPPTK.

Warsono. dan Hariyanto. 2012. Pembelajaran Teori Aktif dan Assesmen. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

UU No 20 Tahun 2003.

UU Sisdiknas Bab II Pasal 3 No 20 Tahun 2003.

 

 

 

 


PUBLISHED

2018-08-23

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 05 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI