PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN YURISPRUDENSI INQUIRI TERHADAP PEMAHAMAN NILAI-NILAI TENGGANG RASA DAN TOLERANSI PADA SISWA KELAS VII SMP PLUS ARRAHMAN KEDIRI TAHUN AJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

TENGGANGRASA AGUS SETIYA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.03.0002

Abstract

TENGGANGRASA AGUS SETIYA  :   Pengaruh Model Pembelajaran Yurisprudensi Inquiri Terhadap Pemahaman  Nilai-nilai Tenggang Rasa dan Toleransi Pada Siswa Kelas VII SMP PLUS Arrahman Kediri Tahun Ajaran 2017/2018, Skripsi, PPKn, FKIP UN PGRI Kediri, 2018.

Penelitian ini latar belakang hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa penggunaan model pembelajaran dalam pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan mengenai sikap bersosial kurang efektif dan efisien jika hanya menggunaan metode konvensional. Sehingga dalam praktiknya siswa tidak dapat terlibat langsung membahas masalah-masalah yang terjadi di masyarakat. Nantinya siswa juga kurang memberikan argumen yang logis terhadap masalah yang telah terjadi di masyarakat. Dengan demikian model pembelajaran yurisprudensi ini diyakini cocok dan dapat melatih siswa untuk menggali pengetahuan dan peka terhadap permasalahan-permasalahan sosial sehingga diharapkan siswa memiliki kompetensi bersosial dengan baik di masyarakat.

Permasalahan pada peneliti ini adalah : (1) Adakah pengaruh model pembelajaran yurisprudensi inquiri terhadap pemahaman nilai-nilai tenggang rasa? (2) Adakah pengaruh model pembelajaran yurisprudensi inquiri terhadap pemahaman nilai toleransi ?

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan subjek penelitian siswa kelas VII SMP PLUS Arrahman Kediri. Penelitian ini menggunakan instrumen berupa angket. Metode pengujian hipotesis dengan uji-t atau uji beda menggunakan paired sample t-test.

Kesimpulan dari penelitian ini adalah (1) Ada pengaruh signifikan penggunaan model pembelajaran yurisprudensi inquiri terhadap pemahaman nilai tenggang rasa terhadap siswa dengan dibuktikan presentase nilai sig.(2-tailed) 0,000 < 0,05. (2) Ada pengaruh signifikan penggunaan model pembelajaran yurisprudensi inquiri terhadap pemahaman nilai toleransi terhadap siswa dibuktikan dengan presentase nilai sig.(2-tailed) 0,000 < 0,05.

Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan : (1) Dengan menggunakan model pembelajaran yurisprudensi inquiri dapat mengembangkan kompetensi untuk menghadapi permasalahan sosial di masyarakat. (2) Guru harus dapat menentukan model pembelajaran yang sesuai dengan materi dankarakteristik peserta didik sehingga proses pembelajaran dapat berlangsung secara maksimal, menyenangkan, dan berkesan baik bagi guru maupun siswa. (3) Penerapan model pembelajaran dapat membantu motivasi dalam belajar siswa.

 

Kata kunci  : Yurisprudensi Inquiri, Nilai Tenggang rasa, Nilai Toleransi


Keyword

a

Reference

Hamidah, S. 2015. Toleransi Perguruan Pencak silat (online) http://etheses .uin-malang.ac.id/1216/6/1141013 8_Bab_2.pdf. Skripsi. Malang : Fakultas Psikologi, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Di akses 13 Desember 2017 pukul 20.52 WIB

 

Jean Piaget (1896–1980). Perkembangan Masa Hidup : Edisi 5 Life-Span Development. PT Erlangga

 

Joyce, Weil & Calhoun. 2011. Models Of Teaching. Pustaka Pelajar

 

KBBI. (Online) http://kbbi.web.id/ di akses 13 Desember 2017 pukul 20.05 WIB

 

Latiano, Galih. http://www.slideshare.net /Galih09061992/power – ponint -  toleransi diunduh pada 13 Desember 2017 pukul 20.20 WIB

 

Nursalim, Suryanto. 2015. Analisis Teoritik Model Pembelajaran Berlatar Belakang Isu-isu Kontroversial di Perguruan Tinggi. Jurnal Nusantara Of Research, (online) tersedia : www.nusantara .ojs.ac.id diunduh pada 29 Mei 2018 pukul 21:21WIB

 

Poerwadarminta. 2007. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: PN Balai Pustaka

 

Santoso, Amir. http://profamirsantoso. Blogspot.com di unduh pada 21 April 2018 pukul 22:05 WIB

 

Santoso, Singgih. 2016. Panduan Lengkap SPSS Versi 23. Jakarta : PT Elex Media Komputindo

 

Santyasa, I Wayan. Model Model Pembelajaran.Pdf tersedia di http:// s3.amazonaws.com / academi. edu. documents di akses tanggal 8 Desember 2017 pukul 22:15 WIB

 

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung.  Alfabeta

 

Suryanto. 2016. Panduan Penulisan Karya Ilmiah. Kediri : Universitas Nusantara PGRI Kediri

 

Suwarnajaya, Asep. 2013. Makalah Sikap Tenggang Rasa (online) tersedia : http://asepsuwarnadjaja.blogspot.co .id/2013/04/ makalah  sikap tenggang rasa.html diunduh pada 13 Maret 2017 pukul 20:42 WIB

 

Uno. H. 1997. Model pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Produktif. Jakarta . Bumi Aksara

 

Yunita, Norman. 2014. Edisi Terbaru dan Terlengkap UUD 1945 dan Amandemen. Kunci Aksara


PUBLISHED

2018-08-19

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 05 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI