PENINGKATAN MOTIVASI BERPRESTASI DAN HASIL BELAJAR IPS MATERI PROSES KEBANGKITAN NASIONAL DENGAN METODE PEMBELAJARAN MOZAIK SISWA KELAS VIII D DI UPTD SMPN 1 GURAH TAHUN PELAJARAN 2015-2016


Author (Penulis)

ENDANG SULANDARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.02.0083P

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti bahw pembelajaran IPS telah menjadi suatu pengetahuan yang penting dalam kehidupan suatu bangsa atau suatu Negara.. Pembelajaran IPS mempunyai peran penting dalam bagi diri mereka serta masyarakat, namun keberhasilan pembelajaran IPS banyak di keluhkan para guru. Keluhan tersebut antara lain di sampaikan melalui pertemuan ¬pertemuan MGMP dan pertemuan non formal lainnya. Hasil pengamatan penulis menunjukan bahwa nilai rata-rata pada saat ulangan harian/formatif yang di lakukan penulis hanya mencapai nilai 6.50 (enam koma lima puluh). Motivasi berprestasi siswa masih kurang. Hal ini di tandai degan masih suka membuang waktu, santai dalam bekerja, tidak tepat waktu dalam bekerja, mengerjakan asal-asalan dan kurang bergairah dalam bekerja (penamatan penulis selama 2X pertemuan). Untuk mengatasi hal tersebut penulis perlu melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tujuan. yang akan dicapai dalam penelitian ini sebagai berikut : 1) Ingin mengetahui bagaimana metode "Mozaik" dapat peningkatan motivasi berprestasi siswa pada pelajaran sejarah materi kelas 8D siswa UPTD SMP Negeri 1 Gurah, Kabupaten Kediri. 2) Ingin mengetahui bagaimana metode "Mozaik" dapat peningkatan hasil belajar siswa pada pelajaran IPS materi kelas 8D siswa UPTD SMP Negeri 1 Gurah,Kabupaten Kediri.Dari data hasil penelitian dapat di simpulkan bahwa dari siklus ke siklus telah terjadi peninggalan hasil belajar, yaitu pada siklus pertama nilai rata-rata 79.09, pada siklus ke dua menjadi 86.31. Dengan data tersebut maka di ambil kesimpulan sebagai berikut : 1) Penggunaan metode mozaik dapat peningkatan motivasi berprestasi siswa dapat belajar IPS siswa kelas 8D di UPTD SMP Negeri I Gurah, Kabupaten Kediri. 2) Penggunaan metode mozaik dapat peningkatan hasil belajar siswa dalam belajar IPS materi Proses Kebangkitan Nasional kelas 8D di UPTD SMP Negeri 1 Gurah, kabupaten Kediri. Kata kunci: pergaulan kelompok sebaya, motivasi belajar peserta didik.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-18

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI