PENINGKATAN KEMAMPUAN BELAJAR IPS KOMPETENSI DASAR USAHA PERJUANGAN MEMPERTAHANKAN KEMERDEKAAN INDONESIA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN MIND MAPPING PADA SISWA KELAS IX D SMPN 4 PARE SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2015-2016


Author (Penulis)

ETIK WARNIDA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.02.0080P

Abstract

Etik Warnida: Peningkatan Kemampuan Belajar IPS Kompetensi Dasar Usaha Perjuangan Mempertahankan Kemerdekaan Indonesia Dengan Model Pembelajaran Mind Mapping Pada Siswa Kelas IX D SMPN 4 Pare Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2015 – 2016 Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya fenomena kurang optimalnya keterlibatan langsung peserta didik dalam proses pembelajaran. Padahal dalam teori pendidikan “Konstruktivisme”, siswa dituntut untuk dapat secara aktif membangun pola berfikir pengetahuannya sendiri dengan mengaitkan iformasi-informasi yang didapatnya. Di samping itu, masih banyak kelas yang didominasi oleh guru sehingga pembelajaran menjadi monoton dan pasif. Hal ini membuat motivasi belajar siswa menjadi rendah yang akhirnya berdampak pada hasil belajarnya. Permasalahan penelitian ini adalah: (1) Bagaimanakah pembelajaran Mind Mapping / Peta Konsep untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa ? (2) Apakah penerapan pembelajaran Mind Mapping dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa? Subyek penelitian adalah siswa kelas IX D SMP Negeri 4 Pare tahun pelajaran 2015 – 2016 yang berjumlah 38 siswa.Obyek dari kajian Penelitian Tindakan Kelas ini adalah penerapan bentuk tindakan model pembelajaran Mind Mapping ( Peta Konsep ) pada materi Upaya perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, instrumen yang digunakan RPP, lembar observasi aktivitas siswa dan tes hasil belajar siswa. Kesimpulan hasil penelitian adalah (1) Penerapan model pembelajaran Mind Mapping dapat meningkatkan aktivitas pembelajaran.(2) Penerapan Mind Mapping dapat mempercepat pemahaman materi secara menyeluruh dan Mind Mapping dapat meningkatkan prestasi belajar siswa.(3) Model pembelajaran Mind Mapping melatih siswa untuk menemukan dan mengembangkan sendiri fakta dan konsep sehingga efektifitas pembelajaran siswa tercapai.(4) Selain itu, Mind Mapping juga membantu siswa dalam memahami konsep-konsep IPS yang sulit serta menumbuhkembangkan pola pikir siswa yang semakin kritis dan sistimatis. Oleh karena itu, disarankan pada guru IPS untuk menerapkan model pembelajaran ini pada materi yang lain yang memiliki karakteristik yang hampir sama. Kata Kunci : Mind Mapping, aktivitas, motivasi, hasil belajar.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-16

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI