PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION (GI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS XI TEKNIK AUDIO VIDEO 1 DI SMK NEGERI 1 LENGKONG PADA SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Author (Penulis)
YENI KUSWIDARTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
14.1.01.02.0076P
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan Penerapan ModelPembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI)Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPSSiswa Kelas XITeknik Audio Video 1 Di SMK Negeri 1 Lengkong Pada Semester Genap Tahun Pelajaran 2015/2016.
Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan Kelas dan dilaksanakan selama tiga bulan yaitu bulan Februari sampai dengan April 2016 dan terdiri dari tiga siklus yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa setelah dilakukannya model pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation di kelas XI Teknik Audio Video SMK Negeri 1 Lengkong.
Hasil penelitian pada siklus satu menunjukkan peningkatan dari hasil pre-test yaitu siswa yang Tuntas dalam pre-test berjumlah 28,57 %dan hasil post-Test pada siklus satu mendapatkan 50%. Untuk penelitian siklus kedua siswa yang dinyatakan Tuntas adalah sejumlah 69.4%, ini menunjukkan bahwa terjadi peningkatan, tetapi masih belum memnuhi target peneliti dalam penelitian. Sedangkan hasil penelitian siklus ketiga hasil belajar siswa yang Tuntas mencapai 83.3%. sehingga sudah jelas peningkatan pada setiap siklus dalam penelitian ini sangat signifikan. Dengan demikian Penerapan ModelPembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI)Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPSSiswa Kelas XITeknik Audio Video 1 Di SMK Negeri 1 Lengkong Pada Semester Genap Tahun Pelajaran 2015/2016 sangat efektif dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata kunci : Model Pembelajaran Kooperatif,Tipe Group Investigation,Hasil Belajar Siswa.