PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS VII B SMSP NEGERI 1 BENDUNGAN TRENGGALEK TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Author (Penulis)
SAMUJI
Universitas Nusantara PGRI Kediri
Author Identity (NPM)
14.1.01.02.0063P
Abstract
ABSTRAK
SAMUJI: Penerapan Pembelajarn Kooperatif Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas VII B SMP Negeri 1 Bendungan Trenggalek Tahun Pelajaran 2015/2016, Skripsi, Sejarah, FKIP UNP Kediri, 2015.
Kata kunci: Kooperatif ,Jigsaw, hasil belajar
Penelitian ini dilatar belakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa pembelajaran IPS di SMP kebanyakan guru tidak menggunakan model pembelajaran yang sesuai. Akibatnya dalam proses pembelajaran tidak efektif dan suasana kelas monoton dan membosankan. Hal tersebut nampak dari hasil belajar siswa
Permasalahan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah guru mampu melaksanakan model pembelajaran, apakah model pembelajaran kooperatif jigsaw meningkatkan keaktifan siaswa,apakah penerapan model kooperatif jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian Tindakan kelas dengan subyek penelitian siswa kelas VII B SMP Negeri 1 Bendungan. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, menggunakan instrumen berupa RPP, lembar observasi keaktifan siswa, lembar observasi keaktifan guru dan tes tertulis.
Berdasarkan analisis data penelitian diperoleh kemampuan guru dalam menerapkan pembelajaran yang terus meningkat dari siklus I mencapai rata-rata 3 (cukup baik) dan siklus II mencapai rata-rata 4 (baik). Keaktifan siswa yang terus meningkat dari siklus I mencapai 60% menjadi 80% pada siklus II. Ketuntasan belajar siswa meningkat dari 78% pada siklus I menjadi 90% pada siklus II).
Dari hasil penelitian tersebut, simpulan yang dapat diambil adalah bahwa: (1) Guru mampu melaksanakan model pembelajaran kooperatif Jigsaw pada materi Kehidupan pada masa pra aksara di Indonesia dengan baik. (2) Penerapan model pembelajaran kooperatif Jigsaw dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran. (3) Penerapan model pembelajaran kooperatif Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa pada materi kehidupan pada masa pra aksara di Indonesia, yang ditandai dengan peningkatan ketuntasan belajar siswa dalam setiap siklus.