METODE DISKUSI SERAP-OPINI UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI PERKEMBANGAN AGAMA DAN KEBUDAYAAN ISLAM DI INDONESIA (KD1-3) DALAM MATA PELAJARAN SEJARAH DI KELAS XI IPS-2 SMA NEGERI 3 JOMBANG TAHUN PELAJARAN 2015-2016


Author (Penulis)

MARIATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.02.0055P

Abstract

Prestasi dalam kegiatan pembelajaran menempati peran yang cukup penting. Keberhasilan proses pendidikan sangat bergantung pada tingkat pemahaman Materi Perkembangan Agama dan Kebudayaan Islam di Indonesia (KD 1.3) siswa pasca kegiatan belajar mengajar. Dalam Mata Pelajaran Sejarah, tingkat pemahaman Materi Perkembangan Agama dan Kebudayaan Islam di Indonesia (KD 1.3) ditentukan dengan kemampuannya memahami materi. Metode Diskusi Serap-Opini merupakan salah satu dari sekian banyak ragam model pembelajaran dalam proses pembelajaran yang mengutamakan keaktifan pada siswa melalui kegiatan tukar pendapat sesama siswa dengan panduan dan bimbingan dari guru pengajar di dalam kelas; yang secara aplikatif menerapkan asa belajar tuntas. Penelitian ini secara prosedural menggunakan sistematika atau tata urutan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK). Model penelitian ini sangat sejalan dengan peran dan fungsi guru yang senantiasa untuk melakukan tindakan korektif pada setiap pasca kegiatan belajar mengajar (KBM). Permasalahan yang muncul dan berkembang dalam penelitian ini dirumuskan dalam sebagai berikut : (1) bagaimanakah meningkatkan pemahaman Materi Perkembangan Agama dan Kebudayaan Islam di Indonesia (KD 1.3) siswa pada Mata Pelajaran Sejarah di Kelas XI IPS-2 SMA Negeri 3 Jombang tahun pelajaran 2011-2012 dengan menggunakan menggunakan Metode Diskusi Serap-Opini ? dan (2) apakah usaha peningkatan pemahaman Materi Perkembangan Agama dan Kebudayaan Islam di Indonesia (KD 1.3) siswa pada Mata Pelajaran Sejarah di Kelas XI IPS-2 SMA Negeri 3 Jombang tahun pelajaran 2011-2012 dengan menggunakan Metode Diskusi Serap-Opini menunjukkan hasil yang memuaskan ? Simpulan, bahwa dengan menggunakan Metode Diskusi Serap-Opini ini guru dapat mengupayakan peningkatan pemahaman Materi Perkembangan Agama dan Kebudayaan Islam di Indonesia (KD 1.3) siswa pada Mata Pelajaran Sejarah di Kelas XI IPS-2 SMA Negeri 3 Jombang tahun pelajaran 2015-2016

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI