PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL TEAM ASSITED INDIVIDUALIZATION (TAI) SISWA KELAS VIII-D SMPN 3 NGUNUT TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2015/ 2016


Author (Penulis)

JAENAL ARIFIN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.02.0054P

Abstract

Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial adalah termasuk pendidikan sosial yang sangat dominan menentukan sikap siswa. Walaupun siswa memiliki nilai yang tinggi dari mata pelajaran selain IPS, tetapi dalam sikap dan perbuatannya ia tidak memahami, mengerti dan melaksanakan apa yang terkandung dalam ilmu IPS maka dia tidak akan bermanfaat bagi masyarakat, bangsa dan negara. Sehubungan dengan hal tersebut, diadakan penelitian tindakan kelas dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa Kelas VIII-D SMPN 3 Ngunut Tulungagung pada mata pelajaran IPS dengan Materi Kolonialisme dan Imperialisme melalui pembelajaran Kooperatif model TAI. Permasalahan penelitian ini adalah (1) Bagaimana penerapan pembelajaran kooperatif model Team Assited Individualization (TAI) pada siswa kelas VIII-D SMPN 3 Ngunut ? (2) Bagaimana hasil belajar IPS siswa kelas VIII-D SMPN 3 Ngunut dengan penerapan pembelajaran kooperatif model TAI? Model Team Assited Individualization (TAI) merupakan pembelajaran kooperatif yang mengkombinasikan keunggulan pembelajaran kooperatif dengan pembelajaran individual. Model ini dirancang untuk mengatasi kesulitan belajar siswa secara individual. Hasil belajar siwa per siklus mengalami peningkatan, yaitu: nilai sebelum siklus diperoleh nilai rata-rata: 59 siklus pertama: 76,85 siklus kedua: 85.92. Sehingga dari sini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan Pendekatan Kooperatif model Team Assited Individualization dapat meningkatkan prestasi belajar siswa yang pada akhirnya berpengaruh pada peningkatan prestasi belajar siswa secara signifikan. Penerapan pembelajaran kooperatif model TAI dapat membantu meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas VIII-D SMPN 3 Ngunut Tulungagung. Hasil belajar IPS siswa kelas VIII-D SMPN 3 Ngunut Tulungagung meningkat setelah penerapan metode pembelajaran kooperatif model TAI

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-02-20

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI