UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPS MELALUI PENERAPAN METODE TANYA JAWAB DI SMP NEGERI 2 KAUMAN TULUNGAGUNG


Author (Penulis)

HUDI SUSANTO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.02.0050P

Abstract

ABSTRAK HUDI SUSANTO, 2015 :Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Melalui Penerapan Metode Tanya Jawab di SMP Negeri 2 Kauman Tulungagung Kata Kunci : Hasil Belajar, Metode Tanya Jawab. . Penelitian ini di latar belakangi dari hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa materi mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) yang begitu banyak serta proses pembelajaran yang banyak didominasi oleh aktivitas guru. Akibatnya susasan kelas menjadi pasif ,monoton dan membosankan. Hal ini nampak dari motivasi belajar siswa yang rendah,dan sangat berdampak pada hasil belajarnya juga rendah. Terutama siswa Kelas IX G di SMP Negeri 2 Kauman Tulungagung menunjukkan bahwa hasil belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial ( IPS ) pada Kompetensi Dasar 2.2 Mendiskripsikan Peristiwa Peristiwa Politik dan Ekonomi Indonesia Pasca Pengakuan Kedaulatan masih rendah, terbukti dari nilai rata-rata ulangan siswa hanya 64,23 dengan ketuntasan belajar klasikal mencapai 30,76 %. Permasalahan yang dihadapi adalah : Apakah dengan menerapkan metode Tanya Jawab dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPS bagi siswa Kelas IX G SMP Negeri 2 Kauman Tulungagung Tahun Pelajaran 2015- 2016 ? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatan hasil belajar mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial ( IPS ) melalui usaha perbaikan pembelajaran dengan menerapkan metode tanya jawab pada Kompetensi Dasar 2.2 Mendiskripsikan Peristiwa – Peristiwa Politik dan Ekonomi Indonesia Pasca Pengakuan Kedaulatan Prosedur Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subyek penelitian adalah siswa kelas IX G SMP Negeri 2 Kauman Tulungagung, yang berjumlah 39 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 (tiga) siklus. Tiap siklusnya merupakan rangkaian kegiatan yang terdiri dari 1. Perencanaan 2.Tindakan 3. Observasi, 4 Refleksi dengan menggunakan RPP,lembar observasi aktivitas guru,lembar observasi aktivitas siswa,lembar pengamatan dan tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan melalui menerapkan metode tanya jawab hasil belajar siswa mengalami peningkatan , hal ini terlihat dari peningkatan nilai rata-rata tes dari masing-masing siklus yaitu hasil tes siklus I nilai rata- rata kelas 71,20 dengan ketuntasan klasikal 58,97 %; siklus II, nilai rata-rata kelas 77,64 dengan ketuntasan klasikal 74,35 % dan siklus III, nilai rata-rata kelas 80,61 dengan ketuntasan klasikal 97,43%. Kesimpulannya bahwa pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dengan menerapkan metode tanya jawab dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IX G SMP Negeri 2 Kauman Tulungagung tahun pelajaran 2015- 016 pada materi Kompetensi Dasar 2.2 Mendiskripsikan Peristiwa – Peristiwa Politik dan Ekonomi Indonesia Pasca Pengakuan Kedaulatan . Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan agar metode tanya jawab dijadikan sebagai alternatif pembelajaran bagi guru karena dapat memotivasi siswa dalam belajar dan perlu diadakan penelitian lebih lanjut dengan cara memodifikasi rancanga dalam pembelajaran

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-03-03

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI