PENGGUNAAN MEDIA FILM ANIMASI DUA DIMENSI UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X ADMINISTRASI PERKANTORAN 2 SMK PAWYATAN DAHA 1 KEDIRI TAHUN AJARAN 2015/2016


Author (Penulis)

EKA ARIYANDARINI HARUMSARI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.02.0049P

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pengalaman peneliti, bahwa siswa merasa bosan selama pembelajaran di kelas. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain: rendahnya minat baca siswa, penggunaan model pembelajarn dan media pembelajaran yang monoton, serta kurangnya sarana buku yang menunjang pembelajaran. Hal tersebut mengakibatkan suasana kelas menjadi pasif dan membosankan, sehingga berdampak pada motivasi belajar siswa yang rendah yang ada akhirnya hasil belajar menjadi rendah. Permasalahan penelitian ini adalah: Apakah yang menyebabkan siswa kurang berminat dengan pembelajaran sejarah? Bagaimana aktivitas siswa selama kegiatan pembelajaran? Apakah penggunaan media film animasi dua dimensi dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa? Apakah penggunaan media film animasi dua dimensi dapat meningkatakan hasil belajar siswa? Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subyek penelitian siswa kelas X Administrasi Perkantoran 2 SMK Pawyatan Daha 1 Kediri. Penelitian dilakukan dalam dua siklus, menggunakan instrument berupa RPP, lembar observasi aktivitas siswa, kuesioner motivasi siswa dan tes hasil belajar siswa. Kesimpulan hasil peneltian ini adalah (1) Penggunaan media film animasi dua dimensi dalm pembelajaran Sejarah Indonesia dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran dapat diketahui dari hasil tes pra-tindakan, siklus I dan siklus II. (2) Penggunaan media film animasi dua dimensi dalam pemeblajaran Sejarah Indonesia dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Peningkatan aktivitas belajar siswa dapat dilihat dari lembar pengamatan selama proses pembelajaran berlangsung. Berdasarkan kesimpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) Penggunaan media pembelajaran film animasi dua dimensi dapat dijadikan alternatif pembelajaran yang dapat digunakan oleh guru. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan terbukti bahwa penggunaan media film animasi dua dimensi dapat meningkatkan hasil belajar siswa.(2) Praktisi pendidikan maupun peneliti lain diharapkan dapat melakukan penelitian yang berkaitan dengan penggunaan metode maupun media pembelajaran yang lain untuk menambah pengetahuan mengenai penggunaan metode dan media dalam pembelajaran Kata kunci: media pembelajaran, film animasi, film animasi dua dimensi, motivasi, hasil belajar

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-15

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI