PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SEJARAH MELALUI GABUNGAN METODE CERAMAH DENGAN METODE BELAJAR AKTIF MODEL PEMBELAJARAN AUTENTIK PADA SISWA KELAS XI TPHP-1 SMKN 1 GONDANG NGANJUK


Author (Penulis)

BEKTI SUSILO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.02.0047P

Abstract

Matapelajaran Sejarah adalah termasuk pendidikan sosial yang sangat dominan menenukan sikap siswa. Walaupun siswa memiliki nilai yang tinggi dari mata pelajaran lain, tetapi dalam sikap dan perbuatannya ia tidak memahami, mengeti dan melaksanakan apa yang terkandung dalam Sejarah maka dia tidak akan bermanfaat, bagi bangsa dan negara. Negara yang besar adalah negara yang menghargai jasa para pahlawannya. Dan untuk mengetahui jati diri bangsa indonesia.serta jangan terjadi lagi atau terulang kembali masa lalu yang pahit yaitu penjajahan dan jangan sampai terulang kembali. Dalam melakukan proses pembelajaran guru dapat memilih dan menggunakan beberapa metode mengajar.Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan pembelajaran Sainstifik Kelas XI TPHP-1 Pokok Bahasan Meningkatkan Prestasi Belajar Sejarah, melalui gabungan metode Ceramah dengan metode belajar aktif model pengajaran Autentik. Pada dasarnya semua metode baik digunakan dalam menerapkan kegiatan pembelajaran tetapi harus disesuaikan dengan jenis dan materi apa yang akan disampaikan kepada siswa. Selain itu guru telah menyadari bahwa semua metode ada kebaikan dan kelemahannya. Penggunaan satu metode lebih cenderung menghasilkan kegiatan belajar mengajar yang membosankan bagi anak didik. Jalan pengajaranpun tampak kaku. Anak didik terlihat kurang bergairah belajar. Kejenuhan dan kemalasan menyelimuti kegiatan belajaranak didik. Kondisi seperti ini sangat tidak menguntungkan bagi guru dan anak didik . Permasalahan yang ingin di kaji dalam penelitian tindakan ini adalah :(a) Bagaimanakah peningkatan prestasi belajar Sejarah dengan diterapkannya gabungan metode ceramah dengan metode pengajaran autentik, (b) Bagaimanakah pengaruh gabungan metode ceramah dengan metode pengajaran autentik terhadap motivasi belajar Sejarah. Tujuan penelitian tindakan ini adalah : (a) Mengetahui peningkatan prestasi belajar Sejarah setelah diterapkannya gabungan metode ceramah dengan metode pengajaran autentik, (b) Mengetahui pengaruh motivasi belajar Sejarah setelah di terapkan gabungan metode ceramah dengan metode pengajaran autentik. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research ) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Saran penelitian ini adalah siswa kelas XI TPHP -1 SMK N 1 Gondang. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari hasil analisis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I ( 68,57 0/0 ) , siklus II ( 80,00 0/0 ), siklus III ( 91,42 0/0 ) . Sehingga dari sini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan gabungan metode ceramah dengan metode pengajaran autentik dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa kelas XI TPHP-1 SMK N 1 Gondang, sehingga model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative pembelajaran Sejarah.yang berpengaruh pada peningkatan prestasi belajar. Kata Kunci : prestasi belajar sejarah, metode ceramah, metode belajar aktif model pembelajaran autentik

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2016-08-18

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE


Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI