Pengaruh Model Value Clarification Technique (VCT) Berbantuan Film Dokumenter Terhadap Hasil Belajar dan Nasionalisme dalam Pembelajaran Sejarah Siswa Kelas XI SMA Di Kabupaten Trenggalek


Author (Penulis)

ELVINA WAHYU FITRIYA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.02.0043

Abstract

ABSTRAK

          Penelitian ini bertujuan: (1) mengetahui hasil belajar siswa kelas XI SMA N di Kabupaten Trenggalek menggunakan model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT), (2) mengetahui nasionalisme siswa kelas XI SMA N di Kabupaten Trenggalek menggunakan model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT), (3) mengetahui hasil belajar siswa kelas XI SMA N di Kabupaten Trenggalek menggunakan model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) berbantuan film dokumenter, (4) mengetahui nasionalisme siswa kelas XI SMA N di Kabupaten Trenggalek menggunakan model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) berbantuan film dokumenter, (5) mengetahui perbedaan pengaruh model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) dan Value Clarification Technique (VCT) berbantuan film dokumenter terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMA N di Kabupaten Trenggalek, dan (6) mengetahui perbedaan pengaruh model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) dan Value Clarification Technique (VCT) berbantuan film dokumenter terhadap nasionalisme siswa kelas XI SMA N di Kabupaten Trenggalek. Pengambilan sampel dilakukan secara cluster sampling. Sampel dari penelitian ini yaitu dua kelompok siswa kelas XI SMAN 1 Panggul. Satu kelas sebagai kelas eksperimen adalah kelas XI IIS 2 dan sebagai kelas kontrol adalah kelas XI IIS 3. Instrumen yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa adalah tes pilihan ganda dan Instrumen yang digunakan untuk mengetahui nasionalisme siswa adalah tes skala sikap. Uji soal menggunakan uji validitas dan uji reabilitas. Sedangkan uji prasyarat yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis.

Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Ada pengaruh model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMA N di Kabupaten Trenggalek. (2) Ada pengaruh model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) terhadap nasionalisme siswa kelas XI SMA N di Kabupaten Trenggalek. (3) Ada pengaruh model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) berbantuan film dokumenter terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMA N di Kabupaten Trenggalek. (4) Ada pengaruh model pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) berbantuan film dokumenter terhadap nasionalisme siswa kelas XI SMA N di Kabupaten Trenggalek. (5) Ada perbedaan pengaruh model pembelajaran VCT dan VCT berbantuan film dokumenter terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMA N di Kabupaten Trenggalek. (6) Ada perbedaan pengaruh model pembelajaran VCT dan VCT berbantuan film dokumenter terhadap nasionalisme siswa kelas XI SMA N di Kabupaten Trenggalek.

 

Kata Kunci: Model Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) Berbantuan Film Dokumenter, Hasil Belajar, Nasionalisme

 


Keyword

a

Reference

Adisusilo, Sutarjo. 2012. Pembelajaran Nilai-nilai Karakter. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

 

Danesi, Marcel. 2010. Pengantar Memahami Semetika Media. Yogyakarta: Jalasutra.

 

Trianto. 2010. Mendesain Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana

 

Putra Ghanis, Suryani Nunuk, dan Suharno. 2013. Pengembangan Model Internalisasi Nilai Karakter dalam IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) Melalui VCT (Value Claification Technique) di SMP (Sekolah Menengah Pertama) Se Solo Raya. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran. 1 (3). (Online), tersedia: (http://download.portalgaruda.org/article.php?article=131426&val=4047), diunduh pada tanggal 26 Maret 2017

 

Jurnal Harmoni Sosial. 1(1). (Online), tersedia: (https://journal.uny.ac.id/index.php/hsjpi/article/view/2429) di unduh pada tanggal 26 Maret 2017

 

Soenarko, Bambang dan Mujiwati, Endang Sri. 2017. Pengembangan Karakter Rasa Tanggung Jawab Menggunakan Model Pembelajaran Value Clarification Technique (VCT) Pada Mahasiswa Tingkat I PGSD FKIP Universitas Nusantara PGRI Kediri. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara.2(2). (Online), tersedia: (file:///C:/Users/use/Downloads/548-Article%20Text-1624-1-10-20170206.pdf) di unduh pada tanggal 1 April 2017.

 


PUBLISHED

2018-08-20

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 10 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI