PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BRAINSTORMING DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN FILM DOKUMENTER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI DI SMK NEGERI 2 KEDIRI


Author (Penulis)

DEA KRISTIANTO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.02.0038

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan : (1) Tujuan Mengetahui Hasil Belajar Sejarah Siswa XI SMKN 2 Kediri Sebelum Menggunakan Model Pembelajaran Brainstorming, (2) Mengetahui Hasil Belajar Sejarah Siswa XI SMKN 2 Kediri Setelah Menggunakan Model Pembelajaran Brainstorming, (3) Mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Brainstorming Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa XI SMKN 2 Kediri. Metode Brainstorming ini sebenarnya sangat berpengaruh terhadap prestasi belajar peserta didik dikarenakan, dalam metode ini metode Brainstorming bertujuan untuk mengajak siswa agar lebih aktif didalam pembelajaran apalagi dikaitkan dengan media pembelajaran film dokumenter. Hal tersebut membantu peserta didik untuk lebih mencurahkan pendapat mereka terhadap orang lain yang akan mempengaruhi rasa penasaran dan ingin tau peserta didik, diharapkan Metode Brainstorming dengan media pembelajaran film dokumenter berpengaruh terhadap prestasi atau hasil belajar siswa karena metode ini berpusat terhadap peserta didik, dan guru hanya sebagai fasilitatornya.

Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Ada pengaruh model pembelajaran Brainstorming terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMK N di Kota Kediri Berdasarkan hasil pengujian hipotesis 1 menunjukkan ada pengaruh model pembelajaran “Brainstorming terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMK N di Kota Kediri”. (2) Ada pengaruh model pembelajaran Brainstorming berbantuan film dokumenter terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMK N di Kota Kediri. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis 3 menunjukkan ada pengaruh model pembelajaran “Brainstorming berbantuan film dokumenter terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMK N di Kota Kediri”. (3) Ada perbedaan pengaruh model pembelajaran Brainstorming berbantuan film dokumenter terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMK N di Kota Kediri. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis 5 menunjukkan ada perbedaan pengaruh model pembelajaran Brainstorming dan Brainstorming berbantuan film dokumenter terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMK N di Kota Kediri. Hal ini dapat dibuktikan dengan perbandingan nilai post test kelas eksperimen dan kelas kontrol.

KATA KUNCI  : Model Pembelajaran Brainstorming dengan media Film Dokumenter, Hasil Belajar.


Keyword

MODEL PEMBELAJARAN BRAINSTORMING, HASIL BELAJAR SISWA

Reference

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka

Danesi, Marcel. 2010. Pengantar Memahami Semiotika Media. Yogyakarta : Jalasutra

Fauzyyah, Diyah Nur Amin. 2015. Jurnal yang berjudul Penerapan Metode Curah Gagasan (Brainstorming) untuk Meningkatkan Kemampuan Mengemukakan Pendapat Siswa.

Hamalik, Oemar. 2002. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara

Merlinda Laufi. 2014. Jurnal Pengaruh Metode Brainstorming Melalui Kliping Terhadap Kemampuan Memecahakan Masalah Pada Materi Pencemaran Dan Pelestarian Lingkungan.

Novi Setia Nurafriani. 2012 Jurnal Pengaruh Metode Pembelajaran Brainstorming (Curah Gagasan) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa  Pada Pembelajaran Matematika  (Studi Eksperimen Terhadap Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Ciniru Kabupaten Kuningan Pada Pokok Bahasan Dimensi Tiga.

Riswan Dwi Djatmiko. 2008. Jurnal Pengembangan Model Pembelajaran Brainstorming Untuk Meningkatkan Kreatifitas Mahasiswa  Pada Mata Kuliah Praktik Fabrikasi.

Rusman. 2014. Model-model Pembelajaran: Mengembangakan Profesionalisme Guru. Jakarta : Rajawali Pers.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantittif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta

Sugiyono. 2016. Statistika untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta

Sadiman, Arief S. 2010. Media Pendidikan. Jakarta : Rajagrafindo Persada

Sarif Romadhoni. 2014. Skripsi Efektivitas Penerapan Metode Brainstorming Terhadap Peningkatan Minat Dan Prestasi Belajar Ekonomi Siswa Kelas X SMP YPKK 3 Sleman.

Sukistiawati, Fentty. 2013. Jurnal Pengaruh Metode Pembelajaran Brainstorming dan Self-Esteem terhadap Kecerdasan Interpersonalsiswa Remaja di SMK Negeri 7 Samarinda.


PUBLISHED

2019-02-18

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 03 No. 03 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade