PERAN PONDOK PESANTREN POMOSDA DALAM MEMBENTUK KEMANDIRIAN SANTRI DESA TANJUNGANOM KECAMATAN TANJUNGANOM KABUPATEN NGANJUK


Author (Penulis)

ULFA HIDAYATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.02.0032

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelangi oleh pentingnya pendidikan kemandirian bagi peserta didik yang kelak akan terjun dunia masyarakat. Dengan adanya kemandirian dalam diri peserta didik tersebut nantinya akan dapat menunjang kehidupan mereka di lingkungan masyarakat dan mereka dapat mencari solusi atas permasalahannya tanpa harus selalu bergantung pada orang lain. Pembentukan jiwa kemandirian dapat melalui lembaga pendidikan pesantren salah satunya dalam pesantren POMOSDA.

Permasalahan penelitian adalah (1) Bagaimana sejarah pondok pesantren POMOSDA? (2) Bagaimana sistem pendidikan dalam pondok pesantren POMOSDA? (3) Bagaimana peran pendidikan pesantren POMOSDA dalam membentuk kemandirian santri?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif-deskriptif. Dalam penelitian ini pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis melalui tiga tahapan yakni reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Guna menjaga keabsahan data peneliti melakukan ketekunan pengamatan dan triangulasi sumber data.

Kesimpulan hasil penelitian ini adalah (1) Sejarah berdirinya pesantren POMOSDA adalah tidak lepas dari peran KH. Munawwar Afandi. Pesantren POMOSDA secara resmi berdiri pada tahun 1995. Pada awal berdirinya pesantren ini hanya menyelenggarkan pendidikan madrasah aliyah (SMA POMOSDA sekarang). Kemudian dalam perkembangannya pada tahun 1999 pesantren mendirikan STT POMOSDA dan SMP POMOSDA pada tahun 2007. (2) Sistem pendidikan pesantren POMOSDA merupakan gabungan dari model pendidikan pesantren dan pendidikan umum lainnya. Sistem pendidikan POMOSDA lebih menitikberatkan pada pembangunan dan pengembangan karakter santri, pembinaan kepribadian santri yang sesuai dengan tradisi atau ajaran dalam pendidikan pesantren yang telah ada. (3) Peran pesantren POMOSDA dalam membentuk kemandirian santri yakni dengan membentuk program vokasional skill, membentuk Unit Pelaksana Teknis (UPT), dan membentuk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). 

KATA KUNCI  : Peran Pesantren, Kemandirian, Santri

 


Keyword

Peran Pesantren, Kemandirian, Santri

Reference

Al-Fandi, Haryanto. Tanpa tahun. Akar-akar Historis Perkembangan Pondok Pesantren. Wonosobo: Jurnal Al-Qalam vol. XIII

Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta

Ferdinan. Pondok Pesantren, Ciri Khas Perkembangannya. Makasar: Jurnal Tarbawi vol.1 no.1

Hasan, Muhammad. 2015. Inovasi dan Modernisasi Pendidikan Pondok Pesantren. Pamekasan: Jurnal Sosial dan Budaya Keislaman vol.23 no.2

Herman. 2013. Sejarah Pesantren di Indonesia. Kendari: Jurnal Al- Ta’dib vol.6 no.2

Masjid, Nurcholish. Tanpa tahun. Bilik-bilik Pesantren. Jakarta: Dian Rakyat

Mursidi, Agus. 2016. Dominasi Kyai dalam Pendidikan di Pondok Pesantren Ihya’ Ulumiddin. Banyuwangi: Jurnal Historia vol.4 no.2

Nata, Abudin. 2001. Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangan Lembaga–Lembaga Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta : PT Grafindo persada

Nawawi. 2006. Sejarah dan Perkembangan Pesantren. Purwokerto: Ibda vol.4 no.1

Paturohman, Irfan. 2012. Peran Pendidikan Pondok Pesantren dalam Perbaikan Kondisi Keberagaman di Lingkungannya. Bandung: Jurnal Tarbawi vol. 1 no. 1

Qomar, Mujamil. 2002. Pesantren: Dari Transformasi Metodologi Menuju Demokratisasi Institusi. Jakarta: Erlangga

Sanusi, Uci. 2012. Pendidikan Kemandirian di Pondok Pesantren. Jurnal Pendidikan Agama Islam-Ta’lim vol. 10 no. 2

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Syafe’i, Imam. 2017. Pondok Pesantren: Lembaga Pembentukan Karakter. Lampung: Jurnal Pendidikan Islam vol.8

Tolib, Abdul. 2015. Pendidikan di Pondok Pesantren Modern. Indramayu: Jurnal Risaalah vol.1 no.1

Zulhimma. 2013. Dinamika Perkembangan Pondok Pesantren di Indonesia. Jurnal Darul Ilmi vol.1 no.2


PUBLISHED

2019-02-11

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 03 No. 01 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade