STUDI TENTANG PERAN ORGANISASI PERSATUAN GURU REPUBLIK INDONESIA (PGRI) DALAM KEMERDEKAAN REPUBLIK INDONESIA


Author (Penulis)

Muhammad Amirul Islamudin
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.02.0025

Abstract

ABSTRAK

Kehadiran Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) sebagai wadah dan sarana para guru yang sedang berevolusi Kemerdekaan, merupakan rasa tangggung jawab kaum guru Indonesia dalam memenuhi kewajiban akan pengabdiannya serta partisispasinya kepada perjuangan menegakkan Kemerdekaan Republik Indonesia. Organisasi profesi ini didambakan dapat menunjukkan citra sebagai motor penggerak dan wadah penampung semua aspirasi profesionalisme guru berperan aktif memotivasi peningkatan kualitas guru. Penelitian studi tentang peran organisasi persatuan guru republik indonesia (pgri) dalam kemerdekaan republik indonesia memiliki tujaun untuk: 1) Mendapatkan informasi tentang awal mula terbentuknya oganisasi Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI); 2) Untuk mengetahui peran oganisasi Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) dalam perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia; 3) Untuk mengetahui peran organisasi Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI)  pasca kemerdekaan Republik Indonesia, dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Pendekatan penelitian kualitatif terdiri dari beberapa tahapan yaitu (1) tahapan penelitian pendahuluan, (2) tahap pengembangan desain, (3) penelittian sebenarnya, dan (4) tahap penulisan laporan. Dalam penelitian ini prosedur pengumpulan data yang digunakan meliputi studi kepustakaan, studi arsip atau dokumen, dokumentasi dan wawancara, sedangkan untuk pengecekan data menggunakan pengujian kredibilitas,Transferability, Dependability, Konfirmability. Hasil dari penelitian ini organisasi PGRI ini merupakan manifestasi kaum guru Indonesia dalam mengambil bagian dan tanggung jawab sesuai dengan bidang profesinya sebagai pendidik untuk mengisi kemerdekaan yang dicita-citakan. karenanya  organisasi ini dipandang sebagai pemersatu kaum guru yang bersifat: 1) unitaris, 2) independen, 3) non partai politik. Juga merupakan suatu sarana, wahana dalam kepentingan kaum guru bagi pengembangan profesinya, pendidikan pada umumnya serta pengabdiannya kepada tanah air dan bangsa

KATA KUNCI  : Studi, PGRI, Kemerdekaan


Keyword

a

Reference

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktek.  Jakarta: Rineka Cipta.          

Depdikbud. 1979. Permainan dan Metodik. Remadja Karya Offset: Bandung.

Hadiatmadja, R.A. Soepardi., dkk., 2000. Pedidikan sejarah perjuangan PGRI (PSPPGRI), Jilid II, III, IV, V. Semarang: IKIP PGRI.

Handayaningrat, Soewarno, Drs. 1985. Pengantar Ilmu Administrasi dan Manajemen. Jakarta: NV Sapdodadi.

Hasibuan, Malayu S.P. 2011. Manajemen Dasar Pengertian dan Masalah. Jogjakarta: PT Bumi Aksara.

Kartodirdjo, Sartono. dkk. 1975. Sejarah Nasional Indonesia Jilid III. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Moleong,  Lexy  J.  (2010).  Metodologi  penelitian  kualitatif. Remaja  Rosdakarya, Bandung

Nazir, Moh. (2013). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Prastowo, Andi.   2010.   Menguasai   Teknik-teknik   Koleksi   Data   Penelitian Kualitatif. Jogjakarta: DIVA Press

 

Robbins,  Stephen  P.  1994.  “Toeri Organisasi:  Struktur,  Desain,  dan Aplikasi”, Edisi ke 3, Prentice Hall inc.,  A  Division  of  Simon  & Schuster, Penerbit Arcan, Jakarta.

Sugiyono. 2014.  Metode  Penelitian  Pendidikan  Pendekatan  Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

 

Sugiyono. 2015.  Metode  Penelitian  Kombinasi  (Mix  Methods). Bandung: Alfabeta.

Yunus. 2003. PGRI dari masa ke masa. Jakarta: PGRI YPLP.


PUBLISHED

2020-02-20

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 03 No. 05 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI