Pengaruh Bimbingan Kelompok Terhadap Pemahaman Tata Krama Pergaulan Siswa Kelas VIII Pawyatan Daha 1 Kediri Tahun Ajaran 2016/2017


Author (Penulis)

YUS ERWIYANTI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.01.0258

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa tatakrama pergaulan siswa di SMP Pawyatan Daha 1 Kediri tergolong rendah. Hal ini dapat ditunjukan dari beberapa sikap siswa diantaranya; jika disuruh untuk fotokopi akan langsung menolak dengan nada kasar alasan sakit atau tidak enak badan, penolakan tersebut pada guru yang dianggap tidak ditakuti oleh siswa padahal guru harus dihormati, ada juga siswa yang menjelek-jelekan nama guru di media social. Selanjutnya lebih parah lagi ada siswa berkomunikasi dengan guru menggunakan bahasa yang kurang begitu sopan,dengan bahasa ngoko selayaknya teman sendiri. Bimbingan kelompok adalah suatu layanan dari bimbingan konseling berupa bimbingan yang diberikan kepada sejumlah individu melalui kelompok dengan memanfaatkan dinamika kelompok dari bimbingan tersebut diharapkan dapat untuk menerapkan tatakrama dalam pergaulan siswa. Permasalahan dalam penelitian ini ditekankan pada:adakah pengaruh bimbingan kelompok terhadap pemahaman tatakrama pergaulan siswa kelas VIII SMP Pawyatan Daha I Kediri tahun pelajaran 2016/2017 ?. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelompok terhadap pemahaman tatakrama pergaulan siswa kelas VIII SMP Pawyatan Daha I Kediri tahun pelajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan teknik experimen desain onegroup pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Pawytan Daha I Kediri berjumlah 310 siswa. Sampel penelitian berjumlah 34, dalam menentukan jumlah sampel peneliti menggunakan metode purposive sampling. Metode dipergunakan dalam pengumpulan data adalah angket. Penyebaran angket dilakukan sebelum dan setelah dilaksanakanya bimbingan kelompok kepada siswa. Disimpulkan bahwa ada pengaruh bimbingan kelompok terhadap pemahaman tatakrama pergaulan siswa kelas VIII SMP Pawyatan Daha I Kediri tahun pelajaran 2016/2017. Adapun hasil penelitian tersebut menunjukkan nilai thitung sebesar 17,24 lebih besar dari ttabel pada interval t0,05 dimana pada N=34-1 = 33 menunjukkan nilai sebesar 2,04. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1) tujuan pokok layanan bimbingan kelompok teknik pemberian informasi adalah untuk meningkatkan tatakrama peragulan siswa, oleh sebab itu guru sebagai sebagai pelaksana pembelajaran harus mengutamakan proses yang mendukung terciptanya suasana kelompok. (2) bagi guru bimbingan konseling memberikan contoh konkret kepada siswa dengan meningkatkan rasa pergaulan, bagi peserta didik diharapkan bergaul secara sopan dan mentaati peraturan yang telah ditetapkan, bagi orang tua memberikan nasihat kepada anaknya di rumah mengenai pentingnya tata krama dalam kehidupan.

Keyword

bimbingan kelompok, tatakrama pergaulan

Reference


PUBLISHED

2018-02-12

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 02 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade