PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK DISKUSI KELOMPOK TERHADAP KREATIVITAS BELAJAR SISWA KELAS IX DI SMP NEGERI 3 PONGGOK, KABUPATEN BLITAR TAHUN PELAJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

ARY CAHYO NUGROHO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.01.0257

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini di latar belakangi oleh masih banyaknya siswa kelas IX SMP Negeri 3 Ponggok yang memiliki kreativitas belajar yang rendah. Rendahnya kreativitas belajar siswa tersebut dapat dilihat dari pola pikir siswa yang cenderung konvergen, keterampilan berpikir siswa yang kurang lancar, rasa ingin tahu siswa yang kurang, daya imaginatif siswa yang kurang, kurang berani mengambil resiko, keterampilan berpikir yang kurang luwes. Untuk memecahkan masalah tersebut perlu dilaksanakan suatu tindakan layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi kelompok. Rumusan masalah penelitian ini adalah “Bagaimanakan Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Diskusi Kelompok Terhadap Kreativitas Belajar Siswa Kelas IX SMP Negeri 3 Ponggok?”. Jenis pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, dengan desain pre-ekperimental design dan teknik yang digunakan adalah one-group pretest-postest. Populasinya penelitian ini berjumlah 242 Siswa, dan sampelnya 15 siswa yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Instrumen yang digunakan adalah angket, dan untuk uji hipotesis menggunakan teknik analisis data berupa uji t. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa nilai mean post-test lebih besar dibandingkan nilai mean pre-test atau 138 > 131 hal ini berarti setelah dilakukan treatment bimbingan kelompok dengan teknik diskusi kelompok, nilai kreativitas belajar siswa kelas IX SMPN 3 Ponggok semakin bertambah atau meningkat nilainya sebesar 138 – 131 = 7. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa ada pengaruh penerapan bimbingan kelompok teknik diskusi terhadap kreativitas belajar siswa kelas IX di SMP Negeri 3 Ponggok pada tahun pelajaran 2017/2018. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil nilai t hitung > t tabel (8,8426 > 1,761) dan nilai signifikansi (2 tailed) sebesar 0.000 < 0,05, hal tersebut menunjukkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima atau dengan kata lain terjadi perbedaan nilai rata-rata penerapan bimbingan kelompok dengan metode diskusi antara pre-test dengan post-test secara signifikan. Penelitian ini memberikan bukti secara empiris bahwa bimbingan kelompok dengan teknik diskusi dapat meningkatkan kreativitas belajar siswa, oleh karena itu agar kreativitas belajar siswa dapat optimal maka perlu diterapkan bimbingan kelompok teknik diskusi, dan guru Bimbingan dan Konseling harus dapat berperan dengan memfasilitatori siswa secara aktif. Sekolah, utamanya kepala sekolah sebagai pimpinan juga harus memfasilitasi dari segi dukungan sistem. Saran untuk penelitian selanjutnya yang memilih masalah tentang kreativitas belajar sebagai objek kajian penelitiannya hendaknya menggunakan layanan bimbingan kelompok dengan metode atau teknik yang lain. Kata Kunci : Teknik Diskusi, Kreativitas Belajar

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2018-02-19

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 08 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI