PENGARUH PEMBERIAN LAYANAN INFORMASI TENTANG PENDIDIKAN BUDI PEKERTI TERHADAP PERILAKU TATA KRAMA SISWA KELAS VIII DI SMP PGRI REJOTANGAN KABUPATEN TULUNGAGUNG


Author (Penulis)

TITIK FAUZIYAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.01.0249

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa permasalahan pada siswa kelas VIII di SMP PGRI Rejotangan Kabupaten Tulungagung memiliki tingkat tatakrama rendah, adapun fakta peneliti peroleh dari hasil pengamatan adalah sebagai berikut: 1) siswa kelas VIII, diketahui ketika upacara berteriak dengan kata yang kasar dan bernada menghina terhadap pembina upacara dikarenakan siswa tersebut tidak suka dengan apa yang disampaikan oleh pembina upacara, 2) siswa berkomunikasi dengan guru menggunakan bahasa yang kurang begitu sopan, dengan bahasa ngoko selayaknya teman sendiri. 3) siswa menjelek-jelekan nama salah satu guru di media sosial karena pada saat berangkat sekolah siswa tersebut terlambat dan dihukum, 4) Siswa bermain HP atau ponsel secara sembunyi-sembunyi hal ini menandakan siswa tidak menghargai profesi guru di depan kelas, 5) sedangkan ketika jam istirahat siswa berbicara dengan kata-kata yang tidak baik atau bergosip ketika berkumpul dengan kelompoknya ketika didalam kelas dan waktu istirahat. Permasalahan penelitian ini adalah; adakah pengaruh pemberian layanan informasi tentang pendidikan budi pekerti terhadap perilaku tata krama siswa kelas VIII di SMP PGRI Rejotangan Kabupaten Tulungagung?. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan teknik one-group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP PGRI Rejotangan Kabupaten Tulungagung yang berjumlah 167 siswa. Sampel penelitian berjumlah 34 siswa, menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan sebagai alat pengumpul data adalah angket perilaku tatakrama siswa. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah bahwa ada pengaruh pemberian layanan informasi tentang pendidikan budi pekerti terhadap perilaku tata krama siswa kelas VIII di SMP PGRI Rejotangan Kabupaten Tulungagung. Hal ini ditunjukkan berdasarkan hasil analisis uji t di atas diketahui bahwa thitung sebesar 17,24 lebih besar dari ttabel dari interval t0,05 dimana pada N=34-1 = 33 adalah 2,04, yaitu nilai thitung > dari ttabel atau 17,24 > 2,04. Dengan demikian maka untuk Ho yang berbunyi tidak ada pengaruh pemberian layanan informasi tentang pendidikan budi pekerti terhadap perilaku tata krama siswa kelas VIII di SMP PGRI Rejotangan Kabupaten Tulungagung dinyatakan ditolak dan Ha yang berbunyi ada pengaruh pemberian layanan informasi tentang pendidikan budi pekerti terhadap perilaku tata krama siswa kelas VIII di SMP PGRI Rejotangan Kabupaten Tulungagung dinyatakan diterima.

Keyword

layanan informasi tentang pendidikan budi pekerti, perilaku tata krama siswa

Reference


PUBLISHED

2018-02-13

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 03 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade