HUBUNGAN MOTIVASI BERPRESTASI DENGAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS VIII SMP PGRI NGADILUWIH KABUPATEN KEDIRI


Author (Penulis)

RINA APRILINI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.01.0236P

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa permasalahan pada siswa kelas VIII di SMP PGRI Ngadiluwih Kabupaten Kediri terkait rendahnya kepercayaan diri terdapat beberapa permasalahan yang diperoleh yaitu (1) Siswa tidak berani mengajukan pertanyaan atau pendapatnya kepada guru, ketika guru memberikan kesempatan bertanya (2) Siswa tidak bersedia tampil di depan kelas dan bergantung pada usaha teman, (3) Siswa berbicara gugup seolah-olah takut keliru jika jawaban atau gagasannya tidak sesuai yang diharapkan padahal memiliki kemampuan berbicara, (4) Siswa berdiam diri ketika akan ditanya oleh guru padahal siswa tergolong memiliki prestasi. Permasalahan penelitian ini adalah; Adakah hubungan motivasi berprestasi dengan kepercayaan diri siswa kelas VIII SMP PGRI Ngadiluwih Kabupaten Kediri?. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan teknik korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP PGRI Ngadiluwih Kabupaten Kediri yang berjumlah 112 siswa. Sampel penelitian berjumlah 30 siswa, menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan sebagai alat pengumpul data adalah angket yang terdiri; angket motivasi berprestasi dan angket kepercayaan diri siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil analisis data antara motivasi berprestasi dengan kepercayaan diri siswa didapatkan hasil rhitung = 0,872 dan rtabel pada interval kepercayaan ? = 0,05 pada n = 30 adalah 0,361 dan pada interval kepercayaan ? = 0,01 pada n = 30 adalah 0,449 sehingga dapat disimpulkan dari hasil penelitian ini adalah ada hubungan motivasi berprestasi dengan kepercayaan diri siswa kelas VIII SMP PGRI Ngadiluwih Kabupaten Kediri. Saran peneliti, direkomendasikan bagi siswa diharapkan selalu meningkatkan perkembangan dirinya demi berkembangnya perkembangan yang lebih baik atau optimal dan bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat memberikan penjelasan secara menyeluruh tentang hubungan motivasi berprestasi dengan kepercayaan diri siswa, baik ditunjang dari hubungan tentang proses belajar, teman sebaya, fasilitas belajar dan dari keluarga atau guru sebagai pendidik.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2018-02-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 03 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI