PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP PERILAKU DISIPLIN DALAM BELAJAR PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 2 KEDIRI


Author (Penulis)

RULINA KRISTANTI DEWI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.01.0235P

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa permasalahan pada SMA Negeri 2 Kediri, terutama siswa kelas XI yang memiliki tingkat disiplin rendah dalam mengikuti pelajaran, adapun fakta peneliti peroleh dari hasil pengamatan adalah sebagai berikut: (1) siswa terlambat menyerahkan atau mengumpulkan tugas kepada guru (2) siswa tidak sepenuhnya mengerjakan pekerjaan rumah, hanya sebagian yang dikerjakan (3) siswa tidak ada usaha pemecahan masalah ketika guru memberikan soal yang wajib diselesaikan (4) siswa sibuk dengan kegiatan sendiri ketika guru menyampaikan materi, (5) siswa tidak membawa buku penunjang atau modul sesuai agenda jadwal pelajaran. Permasalahan penelitian ini adalah; Adakah pengaruh bimbingan kelompok terhadap perilaku disiplin dalam belajar pada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Kediri?. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan teknik one-group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 2 Kediri yang berjumlah 306 siswa. Sampel penelitian berjumlah 30 siswa, menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan sebagai alat pengumpul data adalah angket disiplin dalam belajar. Hasil penelitian ini dapat ditunjukkan bahwa analisis uji t-hitung diketahui bahwa nilai thitung sebesar 5,67 dibandingkan dengan nilai ttabel dengan d.b. = N – 1 = 26 – 1 = 25. dengan t0,05 = 2,06 sehingga akan diketahui pengaruh kedua variabel dalam penelitian ini lebih besar maka nilai thitung sebesar 5,67 signifikan. Dengan demikian maka hipotesis alternatif (Ha) yang diajukan peneliti yang berbunyi ada pengaruh bimbingan kelompok terhadap perilaku disiplin dalam belajar pada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Kediri. “dapat diterima”. Simpulan dari hasil penelitian ini adalah bahwa pengaruh bimbingan kelompok terhadap perilaku disiplin dalam belajar pada siswa kelas XI SMA Negeri 2 Kediri. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan; bagi siswa diharapkan selalu mengoptimalkan kedisiplinan dengan melakukan serangkaian kegiatan pendidikan dan memberikan waktu luang untuk melakukan kegiatan yang positif dan bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat memberikan penjelasan secara menyeluruh tentang penelitian serupa atau dengan menambahkan variabel lainnya, guna memberikan pengetahuan yang bermanfaat khususnya tentang kedisiplinan.

Keyword

bimbingan kelompok, perilaku disiplin dalam belajar

Reference


PUBLISHED

2018-02-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 03 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade