PENGARUH KOMPETENSI KONSELOR TERHADAP MOTIVASI SISWA DALAM MENGIKUTI BIMBINGAN KELOMPOK DI SMPN 3 TULUNGAGUNG KELAS VIII TAHUN AJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

SUSTI INDAYATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.01.0231P

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi banyak siswa mengalami motivasi yang rendah. Siswa mengalami motivasi belajar yang rendah disebabkan berbagai macam permasalahan, kemungkinan disebabkan siswa dalam kondisi sakit, tidak senang dengan cara guru mengajar, tidak suka dengan mata pelajarannya atau adanya masalah pribadi. Permasalahan yang muncul semacamnya inilah konselor harus tanggap dan berusaha memulihkan motivasi siswa. Permasalahan dalam penelitian ini apakah ada pengaruh kompetensi konselor terhadap motivasi siswa dalam mengikuti bimbingan kelompok siswa kelas VIII SMPN 3 Tulungagung Tahun Ajaran 2016/2017. Pendekatan yang digunakan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik penelitian yang digunakan yaitu ex-post facto. Populasi penelitian ini adalah siswa SMPN 3 Tulungagung kelas VIII Tahun Ajaran 2016/2017 dengan jumlah populasi sebesar 406 siswa, sampel 198 responden. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket/ kuesioner. Teknik analisis data menggunakan bantuan software statistik yaitu (SPSS) versi 20. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa pengujian hipotesis regresi linear sederhana diperoleh nilai P_Value sebesar 0,000 maka, nilai P_Value < 0,05. Hasil analisis regresi linear sederhana diperoleh persamaan regresi linear adalah sebagai Y = 18.092 + 0.157X. Persamaan di atas menyatakan bahwa diperoleh nilai konstanta (a) = 18.092 yang artinya jika tidak ada kompetensi konselor maka nilai konsistensi motivasi siswa dalam mengikuti bimbingan kelompok sebesar 18.092 dan diperoleh nilai koefisien regresi kompetensi konselor (b) = +0,157 yang artinya jika kompetensi konselor meningkat sebesar 1 persen maka, motivasi siswa dalam mengikuti bimbingan kelompok akan meningkat sebesar 0,157 dan karena nilai koefisien regresi bernilai (+) maka, dapat disimpulkan kompetensi konselor berpengaruh positif terhadap motivasi siswa dalam mengikuti bimbingan kelompok. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, masukan yang dapat diberikan peneliti yaitu: (1) bagi siswa lebih meningkatkan kemampuan dalam menerapkan cara belajar efektif serta motivasi belajar khususnya dengan metode bimbingan kelompok, (2) bagi konselor sebagai acuan dan perbaikan dalam proses bimbingan konselor harus lebih banyak memanfaatkan internet sebagai kegiatan bimbingan konseling baik individu maupun kelompok, (3) penelitian selanjutnya dapat menggunakan metode yang berbeda, perlu tambahan variabel penelitian yang berkaitan dengan tujuan dari penelitian selanjutnya dan pembahasan lebih detail pada objek spesifik untuk lebih memperdalam penelitian ini maupun penelitian selanjutnya.

Keyword

pengaruh kompetensi konselor, motivasi siswa, mengikuti bimbingan kelompok

Reference


PUBLISHED

2018-02-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 03 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade