STUDI FENOMENOLOGI PERILAKU IMITASI REMAJA DI KOTA KEDIRI DARI PERSPEKTIF PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL


Author (Penulis)

MAULIDA FITRIAWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.01.0227

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi fenomena yang terjadi saat ini di Kota Kediri, dimana hampir sebagian remaja khususnya pelajar menggunakan media sosial sebagai bagian dari gaya hidup. Model atau gaya hidup orang lain yang menjadi bahasan publik juga menjadi daya tarik tersendiri bagi remaja. Sehingga mereka berbondong-bondong melakukan aktivitas yang dianggap memiliki nilai plus saat ditampilkan di media sosial. Permasalahan pada penelitian: (1) Bagaimana penggunaan media sosial di kalangan remaja di Kota Kediri?. (2). Apa saja bentuk bentuk perilaku imitasi remaja di Kota Kediri?. (3). Bagaimana perilaku imitasi remaja di Kota Kediri dari perspektif penggunaan media sosial?. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan teknik analisis data menggunakan model Colaizzi. Penelitian dilakukan melalui wawancara terhadap partisipan yang merupakan siswa SMA Negeri 3 Kediri, observasi beberapa kali dalam keseharian dan dokumen dari internet dan majalah. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah (1) Hampir sebagian besar remaja di Kota Kediri merupakan pemilik dan pengguna media sosial aktif. Meliputi BBM, Facebook, Instagram, Twitter, Line, YouTube. Dengan rata rata interaksi minimal 5 hingga 10 jam perhari. (2) Terdapat berbagai bentuk perilaku imitasi yang dilakukan remaja di Kota Kediri, diantaranya meniru gaya berpenampilan, gaya hidup hingga berbagai bentuk aktivitas. (3) Keberadaan media sosial mendukung perilaku imitasi remaja di Kota Kediri dalam gaya penampilan, gaya hidup hingga aktivitas yang bisa menarik perhatian pengguna sosial yang lain, atau membuat mereka dikenal. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, direkomendasikan: (1). Bagi guru bimbingan dan konseling, hasil penelitian ini sebagai masukan bagi tenaga pendidik di dunia Bimbingan Konseling yang memberikan implikasi terhadap perkembangan remaja, di antaranya sebagai data dasar dalam mengembangkan program layanan konseling terkait perkembangan penggunaan media sosial di kalangan remaja. (2) Dalam dunia pendidikan, penelitian ini perlu dikembangkan sehingga bisa mengeksplorasi lebih jauh tentang dampak penggunaan media sosial pada remaja yang saat ini kondisinya mulai mengkhawatirkan.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2018-03-27

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 04 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI