PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK PEMBERIAN INFORMASI TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI SISWA KELAS VIII SMPN 1 BANDUNG KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN PELAJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

SITI JUWARIAH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.01.0224

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa tingkat kepercayaan diri siswa kelas VIII SMPN 1 Bandung Kabupaten Tulungagung tergolong rendah, hal ini disebabkan karena siswa tidak berani mengajukan pertanyaan atau pendapatnya kepada guru ketika guru memberikan kesempatan bertanya, tidak bersedia tampil di depan kelas dan bergantung pada usaha teman, berbicara gugup seolah-olah takut keliru jika jawaban atau gagasannya tidak sesuai yang diharapkan padahal memiliki kemampuan berbicara. Berdasarkan sebab-sebab tersebut, nampak bahwa kepercayaan diri siswa kurang dalam hal pembelajaran yang pada akhirnya hasil belajarnya rendah. Itulah menjadi alasan bagi peneliti menggunakan bimbingan kelompok teknik pemberian pemberian informasi untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh bimbingan kelompok teknik pemberian informasi terhadap kepercayaan diri siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bandung Kabupaten Tulungagung tahun ajaran 2016/2017. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan teknik eksperimen desain onegroup pretest-posttest. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bandung Kabupaten Tulungagung tahun ajaran 2016/2017 yang seluruhnya berjumlah 328 siswa. Sampel penelitian berjumlah 37 pada siswa kelas VIII-B, dalam menentukan jumlah sampel menggunakan metode random sampling. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah angket yang dilakukan sebelum dan setelah dilaksanakanya bimbingan kelompok teknik pemberian informasi kepada siswa. Setelah data terkumpul selanjutnya dilakukan analisa dengan menggunakan uji t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jika nilai thitung sebesar 16,82 dibandingkan dengan nilai ttabel dengan d.b. = N – 1 = 37 – 1 = 36 dengan t0,05 = 2,04 sehingga pengaruh kedua variabel dalam penelitian ini ttabel lebih besar dari nilai thitung, maka dapat dikatakan signifikan. Dengan demikian maka Ho dalam penelitian ini yang berbunyi tidak ada pengaruh bimbingan kelompok teknik pemberian informasi terhadap kepercayaan diri siswa kelas VIII SMP Negeri I Bandung Kabupaten Tulungagung tahun pelajaran 2016/2017 tidak dapat diterima. Sedangkan (Ha) yang berbunyi ada pengaruh bimbingan kelompok teknik pemberian informasi terhadap kepercayaan diri siswa kelas VIII SMP Negeri I Bandung Kabupaten Tulungagung tahun ajaran 2016/2017 dapat diterima. Berarti besarnya pengaruh bimbingan kelompok teknik pemberian informasi terhadap kepercayaan diri siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bandung Kabupaten Tulungagung yaitu nilai thitung > dari ttabel atau 16,82 > 2,04 yang dapat terbukti bahwa ada pengaruh bimbingan kelompok teknik pemberian informasi terhadap kepercayaan diri siswa kelas VIII SMP Negeri I Bandung Kabupaten Tulungagung tahun ajaran 2016/2017. Dari simpulan di atas dapat direkomendasikan beberapa saran bagi guru BK untuk menyertakan kegiatan layanan informasi yang tepat dan sesuai kebutuhan siswa agar tidak mengalami kesulitan dalam mengembangkan kepercayaan dirinya, sedangkan bagi siswa diharapkan lebih terbuka apabila mengalami masalah terutama rendahnya kepercayaan diri siswa, sehingga persoalan hidup yang dihadapi segera terpecahkan. Sedangkan bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat memberikan penjelasan menyeluruh tentang pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik pemberian informasi terhadap kepercayaan diri, selain itu diharapkan juga dengan mempergunakan teknik lain misalnya teknik sosiodrama, teknik pemecahan masalah dan teknik lainnya yang lebih berbeda penerapannya sehingga kepercayaan diri siswa tidak hanya dapat diatasi atau berkutat dengan pemberian teknik pemberian informasi.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-08

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 01 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI