EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MEDIA FILM PENDEK TENTANG MOTIVASI UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS X DI SMK KESEHATAN BHAKTI WIYATA KEDIRI TAHUN AJARAN 2016/2017


Author (Penulis)

JONIS NELLYANAWATI KAWATU
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.01.0221

Abstract

Belajar merupakan proses manusia untuk mencapai berbagai macam perubahan kompetensi, keterampilan, dan sikap. Belajar dimulai sejak manusia lahir sampai akhir hayat. Kemampuan manusia untuk belajar merupakan karakteristik penting yang membedakan manusia dengan makhluk hidup lainnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas penggunaan media film pendek tentang motivasi untuk meningkatkan minat belajar siswa Kelas X di SMK Kesehatan Bhakti Wiyata Kediri Tahun Ajaran 2016/2017 dan mendapatkan data terkait efektifitas penggunaan media film dalam meningkatkan minat belajar siswa.Penelitian ini termasuk penelitian Pre Experimental dengan model One Group Pre Test – Post Test design, subyek yang dipilih adalah siswa kelas XA di SMK Kesehatan Bhakti Wiyata Kediri dengan non probability sampling dengan jenis purposive sampling didapat 28 responden. Variabel Bebas adalah Media film adalah media pembelajaran yang memanfaatkan gambar – gambar hidup, dengan memutar film terkait motivasi belajar yang ditampilakan dengan menggnakan LCD proyektor, sedangkan Variabel Terikat adalah Minat belajar adalah kecenderungan siswa untuk memiliki rasa senang terhadap kegiatan belajar tanpa adanya paksaan dengan indikator yaitu kecenderungan untuk memperhatikan, perasaan suka, perasaan kebanggan dan kepuasan, partisipasi dalam aktivitas. Instrument dalam penelitian ini menggunakan angket. Analisis dalam penelitian ini menggunakan uji beda Paired sample t-test dengan taraf siginifikan ? = 0,05.Sebelum dilaksanakan layanan klasikal dengan media film sebagian besar siswa memiliki minat belajar dalam kategori cukup (67,9%) dan setelah dilaksanakan layanan klasikal dengan media film sebagian besar siswa memiliki minat belajar dalam kategori baik (82,1%). Hasil analisis menunjukkan nilai thitung sebesar 11,424, nilai tersebut lebih besar daripada ttable dengan df = 26 (n-k = 28-1) yang diperoleh t table = 1,703. Hasil analisis menunjukkan penggunaan media film pendek tentang motivasi efektif untuk meningkatkan minat belajar siswa kelas X di SMK Kesehatan Bhakti Wiyata Kediri Tahun Ajaran 2016/2017.

Keyword

MINAT BELAJAR, MEDIA FILM, SISWA

Reference


PUBLISHED

2018-02-13

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 02 No. 03 Tahun 2018

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade