PENGARUH LAYANAN INFORMASI STUDI LANJUT TERHADAP MINAT MASUK PERGURUAN TINGGI SISWA SMK NEGERI 2 BOYOLANGU


Author (Penulis)

EDY SUTRISNO
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.01.0214

Abstract

ABSTRAK Edy Sutrisno : Pengaruh Layanan Informasi Studi Lanjut Terhadap Minat Masuk Perguruan Tinggi Siswa SMK Negeri 2 Boyolangu, Skripsi, Bimbingan dan Konseling, FKIP UN PGRI Kediri, 2017 Kata kunci: studi lanjut, minat masuk perguruan tinggi, bimbingan layanan informasi studi lanjut. Bimbingan dan konseling merupakan komponen integral sistem pendidikan pada suatu satuan pendid ikan berupaya mem fasilitasi dan memandirikan peserta didik/ konseli dalam rangka tercapainya perkembangan individu secara utuh dan optimal. Dalam rangka memfasilitasi perkembangan peserta didik tersebut, pada jenjang pendidikan menengah umum di SMA/MA/SMK, salah satu kegiatan Guru BK/Konselor adalah membantu peserta didik menentukan minatnya untuk melanjutkan ke perguruan tinggi. Berdasarkan hasil observasi di SMKN 2 Boyolangu, jumlah lulusan yang masuk perguruan tinggi masih rendah. Oleh karena itu diperlukan bimbingan layanan informasi studi lanjut untuk memberikan pengetahuan tentang perguruan tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah Bimbingan Layanan Informasi Studi Lanjut berpengaruh terhadap minat masuk perguruan tinggi siswa SMKN 2 Boyolangu. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif, dengan metode Pre Experimental Design, dengan bentuk One-Group Pretest-Posttest Design. Variabel penelitian ini adalah minat masuk perguruan tinggi dan variabel bebas bimbingan layanan informasi studi lanjut. Populasi penelitian ini SMKN 2 Boyolangu, sedangkan sampelnya adalah siswa Kelas XI yang menjadi peserta bimbingan layanan lnformasi studi lanjut, yaitu 36 (tiga puluh) orang siswa, yang ditetapkan dengan teknik Sampling Insidental. Berdasarkan hasil analisa data dengan software SPSS 17.0 for windows dengan prosedur Paired Sampe t Test diperoleh hasil bahwa t hitung lebih besar dari t tabel, t(hitung) > (3.986) > t(tabel) (1,690). maka hipotesis penelitian ini : ada pengaruh layanan lnformasi studi lanjut terhadap minat masuk perguruan tinggi siswa SMKN 2 Boyolangu, diterima. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa layanan informasi studi lanjut berpengaruh terhadap minat siswa masuk perguruan tinggi. Oleh karena itu dapat dimanfaatkan sebagai bahan masukan dan pertimbangan bagi Guru Bimbingan dan Konseling agar dapat meningkatkan perannya dalam mengarahkan siswa-siswa SMK yang bermaksud melanjutkan ke perguruan tinggi setelah selesai studi. Selanjutnya sekolah diharapkan dapat menyelenggarakan bimbingan Layanan Informasi Studi Lanjut bagi siswa pada masa yang akan datang dan sebaiknya dilaksanakan pada waktu awal proses pendidikan siswa di sekolah. Sehingga sejak awal dapat ditumbuhkan minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi siswa.

Keyword

a

Reference


PUBLISHED

2017-08-21

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 01 No. 08 Tahun 2017

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI