PENGARUH TEKNIK CINEMA THERAPY DALAM MENINGKATKAN PERILAKU PROSOSIAL PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 6 KOTA KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2017/2018


Author (Penulis)

FLORENTINA SEPTDIAN WIDOWATI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.01.0199

Abstract

ABSTRAK

Berdasarkan  permasalahan yang ditemukan oleh peneliti di lapangan terdapat siswa kelas X SMAN 6 Kota Kediri Tahun Pelajaran 2017/2018 yang memiliki perilaku prososial rendah pada siswa yang harus di tingkatkan. Mereka masih mengedepankan ego masing-masing dan menguntungkan diri sendiri atau bersikap individualis.Permasalahan tersebut merupakan perilaku yang tidak prososial, dan belum ada penangan tentang permasalahan tersebut.Peneliti menggunakan teknik cinema therapy untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.Tujuan penelitian untuk meningkatkan perilaku prososial siswa yang rendah kelas X SMAN 6 Kota Kediri Tahun Pelajaran 2017/2018. Perilaku prososial adalah perilaku yang membantu, menyokong kesejahteraan, peduli dengan orang lain sebelum memikirkan diri kita sendiri. Cinema therapy atau terapi film di yakini dapat memotivasi seseorang dan memberikan dampak yang positif bagi audiens. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik eksperimen, jumlah popuasi kelas X tahun pelajaran 2017/2018 adalah 390 siswa, sampel yang di gunakan adalah sampling purposive yaitu penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Peneliti memilih 8 anak yang nilai perilaku prososial kategori rendah untuk di berikan treatment, agar pemberian treatment lebih maksimal. Setelah mengetahui siswa yang memiliki kategori rendah dalam nilai perilaku prososial, siswa di berikan treatment . Berdasarkan hasil analisis uji-t menunjukkan nilai t-hitung sebesar 14,406 dan nilai signifikansi 0,000 sesuai  kriteria pengujian hipotesis jika nilai thitung 14,406 > ttabel 2,365 dan nilai signifikansi 0,000 < 5% (0,05). Maka Ha diterima dan H0 di tolak, Teknik cinema therapyberpengaruh dalam meningkatkan perilaku prososial siswa kelas X SMANegeri 6 Kota Kediri tahun pelajaran 2017/2018.Dari hasil analisis data penelitian yaitu thitung 14,406  >  ttabel  2,365 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 yang menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai skor tes psikologis perilaku siswa sebelum dan sesudah di berikan treatment, setelah siswa di berikan treatment nilai skor kuisioner perilaku prososial siswa dapat meningkat. Teknik cinema therapy berpengaruh dalam meningkatkan nilai prososial siswa kelas XI SMAN 6 Kediri yang rendah. Jika perilaku prososial siswa dapat meningkat, maka teknik cinema therapy dapat digunakan untuk meningkatkan perilaku prososial siswa yang rendah

 

KATA KUNCI  :perilaku prososial, cinema therapy.

 


Keyword

a

Reference

Asih, G.Y., Pratiwi,M.M.S., 2010. Perilaku Prososial Ditinjau dari Empati dan Kematangan Emosi.Jurnal Psikologi Universitas Muria Kudus, (Online), 1 (1): 33-42.tersedia: https://jurnal.umk.ac.id diunduh 1 November 2017

Dayakisni, T., Hudaniah. 2009. Psikologi Sosial. Malang : UMM Press

Jasmine, A.S. 2016.Pengaruh Terapi Film (Cinema therapy) Terhadap Peningkatan Swakelola Belajar Pada Siswa Kelas 8 SMPN 2 Berbah, Sleman, Yogyakarta.Skripsi.Dipublikasikan. Yogyakarta: Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta

Ningsih, A.M., Hidayat, D.R., Setyowati, E. 2016. Pengaruh Penggunaan Cinematherapy Terhadap Motivasi Belajar Siswa (Studi Kuasi Eksperimen Terhadp Siswa Kelas XI di SMA Negeri 59 Jakarta). Jurnal Bimbingan Konseling, 1-7, (Online) tersedia: journal.unj.ac.id, diunduh 22 november 2017.

Rasimin., Hamdi, M. 2018. Bimbingan dan Konseling Kelompok. Jakarta : Sinar  Grafika Offset

Sugiyono. 2016.Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.


PUBLISHED

2019-02-13

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 03 No. 01 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI