efektivitas teknik sosiodrama untuk meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal siswa kelas X di smp negeri 3 ponggok


Author (Penulis)

ANATASHIA FRISKA AVIODITA
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.01.0187

Abstract

ABSTRAK

 

            Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil pengamatan dan observasi, bahwa salah satu masalah adalah kurang terampil dalam komunikasi interpersonal dan kurangnya rasa percaya diri.Sebagian dari siswa berbicara kurang sopan, bila diajak bicara tidak mendengar lawan bicaranya, berkata kotor dan tidak berani merespon atau berpendapat jika ditanya dalam berdiskusi. Akibatnya siswa terbiasa berkomunikasi dengan cara bicara dan bahasa yang kurang baik, tanpa berfikir sedang berbicara dengan siapa. Berdasarkan masalah yang diuraikan diatas maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah teknik sosiodrama efektif  untuk meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal siswa kelas VII di SMP Negeri 3 ponggok tahun ajaran 2017 / 2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dengan teknik pre-experiment dan menggunakan design One Group Pretest - Posttest. Penelitian ini dilakukan dengan 3 tahap, yaitu menggunakan desain penelitian pretest, perlakuan / treatment, posttest. Teknik pengumpulan data mengunakan skala spikologi, dengan populasi kelas VII yang berjumlah 6 kelas dimana setiap kelas berjumlah 32 siswa jadi keseluruhan siswa kelas VII berjumlah 192 siswa. Sampel yang terpilih adalah siswa kelas VII D yang berjumlah 32 siswa.Hasil penelitian keterampilan komunikasi interpersonal siswa menunjukan hasil uji Paired Samples t Test diperoleh nilai Sig. (2 – tailed) 0,000 < 0,25thitung23,986 >ttabel2,040 Df 31 taraf 2,5%, dengan demikian H? ditolak dan H? diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa tehnik sosiodrama efektif untuk meningkatkan keterampilan komunikasi interpersonal siswa kelas VII SMP Negeri 3 Ponggok 2017 / 2018.Berdasarkan hasil penelitian, 1) Bagi konselor, sebaiknya tidak hanyamemanggil siswa ke ruang BK sekedar dinasehati dan siswa hanya berkonsultasitetapi juga melakukan bimbingan layanan teknik sosiodrama dalam meningkatkan
keterampilan komunikasi interpersonal; 2) Bagi siswa, sebaiknya terbuka denganteman sebaya maupun dengan guru disekolah dan dengan orang tua; 3) Bagisekolah / kepala sekolah, agar dapat memfasilitasi layanan bimbingan kelompokdengan teknik sosiodrama dalam meningkatkan keterampilan komunikasiinterpersonal; 4) Bagi peneliti selanjutnya, dapat menggunakan kelompok kontrol/ kelompok pembanding.

 

Kata Kunci: sosiodrama, keterampilan komunikasi interpersonal

 

 

 

 

 

 

 

 


Keyword

sosiodrama, keterampilan komunikasi interpersonal

Reference

DAFTAR PUSTAKA

Ahmadi, A. 1991.Psikologi Sosial. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Corey. 2003. Penerapan Konseling BehavioralDengan Teknik Latihan Bertanggung Jawab Untuk Meningkatkan Disiplin Belajar Pada Siswa Kelas VIII B2 SMP N 4 Singaraja Tahun Ajaran 2013/2014.e Jurnal Undiksa Jurusan Bimbingan Konseling. (Online), 2 (1): 1-10, tersedia :http://download.portalgaruda.org/, diunduh  20 September  2018.

Rakhmat, J. 1992. Psikologi Komunikasi. Bandung: PT Remaja Rordakarya.

Romlah, T. 2001. Teori dan Praktik Bimbingan Kelompok.Malang: Universitas Negeri Malang.

Sugiyono. 2016. Metode Pendekatan Pendidikan Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Zuhara, E. 2015. Efektivitas Teknik Sosiodrama Untuk Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Siswa.Jurnal Ilmiah Edukasi. 1 (1).Jurnal.arraniry.ac.id/index.php/cobaBK/article/download/.../295

 

 


PUBLISHED

2019-02-20

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 03 No. 03 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade