EFEKTIVITAS PROBLEM SOLVING TECHNIQUES UNTUK MENGURANGI BURNOUT BELAJAR PADA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 KANDAT


Author (Penulis)

HENDRI RISTIAWAN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.01.0185

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini dilatar belakangi adanya gejala-gejala yang mengindikasikan siswa mengalami burnout atau kejenuhan dalam belajar yang ditandai dengan siswa kurang aktif dan kurang antusiasme dalam mengikuti pelajaran di kelas.Sehingga perlu adanya upaya untuk mengatasi burnout belajar seperti menggunakan bimbingan kelompok dengan problem solving techniques. Tujuan penelitian yaitu mengetahui efektivitas problem solving techniques untuk mengurangi burnout belajar pada siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Kandat.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi experiment menggunakan nonequivalent control group design.Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMAN 1 Kandat tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 117 siswa, dengan menggunakan teknik purposive sampling, didapatkan sampel sebanyak 10 siswa yang mengalami burnout belajar tinggi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan skala burnout belajar yang digunakan dalam penelitian ini independent sample t test. Hasil analisis data menunjukkan nilai hasil thitung  = 6,799 dan ttabel = 2,306 dengan df= n1+n2-2= 8. Hal ini berarti       thitung >ttabel, 6,799 > 2,306, maka H0 ditolak dan Ha diterima.Dengan demikian problem solving techniques efektif untuk mengurangi burnout belajar pada siswa kelas XI IPS SMAN 1 Kandat. Dari hasil penelitian juga tampak bahwa setelah diberikan problem solving techniques 60% siswa memiliki burnout  belajar sedang dan 40% siswa lainnya memiliki burnout  belajar rendah. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa problem solving techniques efektif untuk mengurangi burnout belajar pada siswa. Saran (1) bagi guru BK disarankan untuk memberikan layanan bimbingan kelompok dengan problem solving techniques apabila menemui masalah burnout belajar, (2) bagi siswa untuk mengenali indikator burnout belajar dan segera memanfaatkan layanan BK di sekolah apabila mengalami masalah tersebut, (3) bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk menggunakan layanan bimbingan kelompok dengan teknik atau jenis penelitian yang berbeda dengan variabel yang sama.

KATA KUNCI  :problem solving techniques; burnout belajar


Keyword

a

Reference

DAFTAR PUSTAKA

Andriani, Desi Gita dan Jatiko. 2018. Kemampuan Berpikir Kritis Siswa memalui Model Pembelajaran Learning Cycle. Jurnal Math Edukator Nusantara (JMEN). 4 (2). (Online). tersedia: http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/matematika, diunduh 25 Nopember 2018.

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Yogyakarta:   Rineka Cipta.

Basuki, S. 2010. Full day School Harus Proporsional. Jakarta: Pustaka Pelajar.

Dasrita, Y. 2018. Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas X1 SMA Negeri 1 Bangkinang Melalui Metode Pembelajaran Problem Solving. Jurnal Pendidikan Tambusai. 2 (5).  (Online). Tersedia :https://jptam.org/index.php/jptam/article/download/97/91/, diunduh 20 September 2018.

Djamarah dan Aswan, Z. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Irwanto, Z. 2016. Pengaruh Teknik Problem Solving Dalam Meningkatkan Kebiasaan Belajar Siswa. Jurnal of EST. 2 (3). (Online). Tersedia:  http://ojs. unm.ac.id/JEST/article/view/3219,  diunduh 15 September 2018.

Muna, N. R. 2013. Efektifitas Teknik Self Regulation Learning dalam Mereduksi Tingkat Kejenuhan Belajar Siswa di SMA Insan Cendekia Sekar kemuning Cirebon. Jurnal Holistik. 14 (2). (Online). Tersedia: http://dx.doi.org/10.24235/holistik. diunduh 17 September 2018.

Romlah, T. 2006. Teori dan Praktek Bimbingan  Kelompok  Cetakan ke III. Malang: UniversitasNegeri Malang.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum Badan Pemeriksaan Keuangan Republik Indonesia. (Online). Tersedia: http://www.jdih.bpk.go.id,diunduh 9 Mei 2018.


PUBLISHED

2019-02-14

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 03 No. 01 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI