EFEKTIVITAS BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK PEER GROUP UNTUK MENINGKATKAN KONSEP DIRI SISWA KELAS XI SMK PGRI 4 KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2018/2019


Author (Penulis)

AMBAR PUTRI SETYONINGRUM
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.01.0184

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan peneliti, bahwa siswa kelas XI di SMK PGRI 4 Kediri masih memiliki perilaku yang menunjukkkan konsep diri yang rendah seperti mengeluh dengan dirinya sendiri, belum mengerti kelebihan dan kekurangan diri, merasa dirinya bodoh, tidak punya motivasi untuk berprestasi. Sehingga peneliti memberi perlakuan bimbingan kelompok dengan teknik peer group untuk meningkatkan konsep diri siswa tersebut. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah bimbingan kelompok dengan teknik Peer group efektif untuk meningkatkan konsep diri pada siswa kelas XI SMK PGRI 4 Kediri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi maupun data yang akurat mengenai efektivitas bimbingan kelompok dengan teknik peer group untuk meningkatkan konsep diri pada siswa kelas XI di SMK PGRI 4 Kediri.Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan teknik pre-eksperimen dan desain one group pretest-posttest dengan subjek penelitian 6 siswa kelas XI TSM 2 SMK PGRI 4 Kediri yang memiliki konsep diri rendah, konsep diri diukur dengan skala konsep diri. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan uji-t dengan bantuan program SPSS 21 For Windows dengan taraf signifikasi 5%, diperoleh hasilthitung = 14,517,ttabel,= 2,571, artinya thitung>ttabel. Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa bimbingan kelompok dengan teknik peer group efektif untuk meningkatkan konsep diri siswa. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah bimbingan kelompok teknik peer group efektif untuk meningkatkan konsep diri siswa kelas XI SMK PGRI 4 Kediri. Berdasarkan kesimpulan tersebut, disarankan (1) untuk guru BKdapat menggunakan bimbingan kelompok teknik Peer Group sebagai alternatif perlakuan apabila menjumpai permasalahan tentang konsep diri rendah pada siswa; (2) untuk siswa dapat meningkatkan konsep diri dengan bersikap optimis, tidak mengeluh dengan dirinya sendiri, mengerti kelebihan dan kekurangan diri, serta mempunyai motivasi untuk berprestasi; (3) untuk peneliti selanjutnya, disarankan melakukan penelitian dengan teknik yang berbeda terkait variabel yang ada dalam penelitian yaitu untuk meningkatkan konsep diri siswa yang rendah.


Keyword

bimbingan kelompok, teknik peer group, konsep diri.

Reference

Asmara, T. 2007. Efektivitas Bimbingan Kelompok dengan Teknik Peer Group dalam Meningkatkan Konsep Diri Siswa Kelas III A di SMP Mardisiswa 1 SemarangTahun Pelajaran 2006/2007. Disertai. Tidak dipublikasikan. Semarang: FIP UNNES.

Desmita. 2012. Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Airlangga.

Hakim, L. N. 2017. Pengaruh Peer Group terhadap Konsep Diri Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 13 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2016/2017. (Online). tersedia: http://digilib.unila.ac.id/28054/3/SKRIPS%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf, diunduh 16 Agustus 2018.

Santrock, J. W. 2007. Remaja (Jilid 1). Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.


PUBLISHED

2019-02-12

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 03 No. 01 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade