PENGARUH KELOMPOK TEMAN SEBAYA DAN POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP KONSEP DIRI SISWA SMK PGRI 3 KEDIRI


Author (Penulis)

FARIDHOTUN NAFI'AH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.01.0182

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan peneliti bahwa kelompok teman sebaya dan pola asuh orang tua berpengaruh sangat besar dalam membentuk konsep diri siswa baik dari lingkungan sekolah yaitu dalam hal pergaulan dengan teman sebaya dan dari orang tua dalam hal mengasuh anak  agar sesuai dengan pola asuh yang tepat dengan situasi, kondisi, kemampuan dan kebutuhan anak sehingga anak mendapatkan perhatian yang cukup. Permasalahan penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh kelompok teman sebaya dan pola asuh orang tua terhadap konsep diri siswa SMK PGRI 3 Kediri 2018/2019. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kelompok teman sebaya dan pola asuh orang tua terhadap konsep diri siswa SMK PGRI 3 Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis korelasional dengan teknik analisis datanya adalah regresi linier berganda. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 60 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan nonprobability sampling dengan cara total sampling. Untuk pengumpulan datanya menggunakan angket/quesioner dan skala psikologis. jumlah populasi 60 siswa yang terdiri dari 3 kelas. Berdasarkan hasil perhitungan regresi linier berganda dihasilkan nilai signifikan sebesar Fhitung  97,163 > 0, 765. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Dari hasil analisis tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara kelompok teman sebaya dan pola asuh orang tua terhadap konsep diri siswa secara bersama-sama (simultan). Berdasarkan simpulan dari penelitian direkomendasikan kepada: (1)guru BK diharapkan mampu memotivasi, membimbing, dan menyapaikan pelajarannya dengan baik kepada siswa karena guru sebagai teladan bagi siswa-siswanya; (2) diharapkan mampu berusaha memilih seperti apa bentuk kelompok teman sebaya dan dapat menyaring perilaku yang bisa dicontoh yang akhirnya akan membentuk konsep diri mereka.


Keyword

KELOMPOK TEMAN SEBAYA, POLA ASUH ORANG TUA, KONSEP DIRI SISWA

Reference

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.

 

Desmita. 2013. Psikologi Perkembangan. Bandung: Remaja Rosdakary.

 

Hurlock, E B. 1993. Psikologi Perkembangan. Jakarta: Erlangga.

 

Hurlock, E B. 2005 a. Perkembangan Anak (jilid 1). Jakarta: Erlangga.

 

Rahmawati, E D. 2015. Pengaruh Pergaulan Teman Sebaya dan Konsep Diri Siswa Terhadap Kecerdasan Emosional Siswa Kelas V SDN Se-Kecamatan Tegalrejo Yogyakarta Tahun 2014/2015. Skripsi. Tidak dipublikasikan. Yogyakarta: Eprints UNY.

 

Riduwan. 2013. Dasar-Dasar Statistika. Bandung: Alfabeta.

 

Santrock, J. W. 2002. Life-Span Development: Jakarta: Erlangga.

 

Sugiyono. 2016. Metode penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

 

Wildan. 2014. Pengaruh Pola Asuh Orang Tua dan Peer Group Terhadap   Konsep Diri Siswa SMA Negeri 2 Medan Tahun 2014. Repository Institusi Universitas Sumatera Utara, (online), tersedia: http//www.repository usu.ac.id, diunduh 24 juni 2018.

 


PUBLISHED

2019-02-12

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 03 No. 01 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade