EFEKTIVITAS TEKNIK CINEMA THERAPY UNTUK MENGURANGI PERILAKU SEKS PRANIKAH PADA SISWA KELAS XI DI SMK PAWYATAN DAHA 3 KEDIRI TAHUN PELAJARAN 2018/2019


Author (Penulis)

YULIA PUTRI FIRDHAUSI
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.01.0175

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa terdapat siswa yang putus sekolah akibat hamil diluar nikah, hal ini terjadi karena pengaruh teman yang kuat dan peran orang tua yang sangat kurang juga bisa mempengaruhinya. Ketika perilaku seks tersebut sudah menjadi kebiasaan siswa, maka akan berdampak buruk pada diri sendiri, keluarga, lingkungan dan masa depan. Oleh karena itu, dibutuhkan sebuah teknik cinema therapy untuk mengurangi perilaku seks pranikah. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah teknik cinema therapy efektif untuk mengurangi perilaku seks pranikah pada siswa kelas XI di SMK Pawyatan Daha 3 Kediri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas teknik cinema therapy untuk mengurangi perilaku seks pranikah pada siswa kelas XI SMK Pawyatan Daha 3 Kediri tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan teknik pre-experimental dan model one group pretest-posttest serta menggunakan subjek penelitian 10 orang siswa kelas XI di SMK Pawyatan Daha 3 Kediri yang memiliki perilaku seks pranikah sangat tinggi, perilaku seks pranikah dapat diukur dengan kuisioner perilaku seks pranikah. Berdasarkan data hasil penelitian dianalisis menggunakan uji-t dengan bantuan software IBM SPSS 16.0, hasil uji-t menunjukkan nilai sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05 dan nilai thitung sebesar 13,636 > ttabel 2,262 sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Dapat disimpulkan hasil penelitian ini adalah teknik cinema therapy efektif untuk mengurangi perilaku seks pranikah pada siswa kelas XI di SMK Pawyatan Daha 3 Kediri. Berdasarkan kesimpulan tersebut disarankan bagi (1) Guru BK  dapat menggunakan teknik cinema therapy untuk mengurangi perilaku seks pranikah yang tinggi, (2) siswa dapat merubah perilaku yang seharusnya tidak dilakukan pada usia sekolah seperti perilaku yang dilakukan layaknya suami istri, (3) peneliti selanjutnya dapat mengusahakan untuk mengkaji variabel ini dan lebih dalam terkait variabel pada penelitian ini dengan pendekatan penelitian yang berbeda dengan menggunakan sinema edukasi yang lebih variatif.

 

KATA KUNCI  : cinema therapy, perilaku seks pranikah


Keyword

a

Reference

Jasmine, A. 2016. Pengaruh Terapi Film (Cinema Therapy) terhadap peningkatan swakelola belajar pada siswa kelas 8 SMP N 2 Berbah, Sleman, Yogyakarta Tahun Ajaran 2015/2016. (online). tersedia: http://eprint.uny.ac.id, diunduh 25 Oktober 2018

 

Sarwono, S. 2011. Psikoogi Remaja. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

 

Soetjiningsih. 2004. Buku Ajar: Tumbuh Kembang Remaja dan Permasalahannya. Jakarta: Sagung Seto.

 

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

 

Suryani, L. 2017. Efektivitas Media Film Guna Meningkatkan Sikap Terhadap Bahaya Seks Bebas Pada Siswa SMP Negeri 2 Pandak Bantul. (Online), tersedia: http:///www.digilib.uin-suka.ac.id, diunduh 2 Desember 2018.


PUBLISHED

2019-02-13

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 03 No. 01 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade
LPPM Server - Powered by BSI