EFEKTIVITAS TEKNIK CINEMA THERAPY DALAM BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN PERILAKU PROSOSIAL PADA SISWA KELAS XI SMK AL ASYARIYAH PRAMBON TAHUN PELAJARAN 2018/2019


Author (Penulis)

DEWI NURIANA MACHSHUSHOH
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.01.0171

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi pengamatan pada Sekolah Menengah Kejuruan bahwa terdapat siswa yang masih kurang adanya tolong menolong dan saling berbagi, hal ini terjadi karena kurangnya kepedulian seseorang terhadap orang di sekitar. Ketika kepedulian dan kesadaran pada diri individu untuk menolong pada orang yang membutuhkan bantuan itu semakin rendah prosentasenya, maka akan berdampak buruk pada karakter diri individu maupun pada lingkungan sekitar. Sikap acuh tak acuh dan tidak peduli dengan lingkungan sekitar akan terjadi. Cinema therapy mempunyai dampak emosional yang besar/tinggi, film sangat cocok mengajarkan masalah-masalah yang menyangkut domain kognitif maupun afektif. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah teknik cinema therapy dalam bimbingan kelompok efektif untuk meningkatkan perilaku prososial pada siswa kelas XI akuntansi di SMK Al Asyariyah Prambon. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan informasi maupun data yang akurat mengenai efektivitas cinema therapy dalam bimbingan kelompok untuk meningkatkan perilaku prososial siswa kelas XI akuntansi SMK Al Asyariyah Prambon. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif model one group pretest-posttes dengan subjek penelitian 8 orang siswa-siswi kelas XI SMK Al Asyariyah Prambon yang memiliki perilaku prososial rendah, perilaku prososial diukur dengan skala perilaku prososial. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan uji-t dengan bantuan software IBM SPSS 23.0, hasil uji-t menunjukan nilai sig. (2-tailed) 0,000 < 0,005 dan nilai thitung sebesar 16,717 > ttabel 2,365. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah cinema therapy efektif untuk mengatasi perilaku prososial rendah pada siswa kelas XI SMK Al Asyariyah Prambon. Berdasarkan kesimpulan tersebut disarankan bagi (1) guru BK dapat menggunakan teknik cinema therapy dalam bimbingan kelompok sebagai alternatif perlakuan untuk mengatasi masalah perilaku prososial rendah, (2) peneliti selanjutnya dapat mengusahakan untuk mengkaji masalah ini dengan jangkauan yang lebih luas terutama yang belum terungkap dalam penelitian ini.


Keyword

cinema therapy, perilaku prososial, pre-eksperiment, one group pre-test and post-test design

Reference

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta

Auliyah,Alan dan Flurentin Elia. 2016. Efektifitas Penggunaan Media Film Untuk Meningkatkan Empati Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling (online), tersedia:http://journal.um.ac.id/index.php/bk. Diunduh 16 Juli 2018

Jasmine, A.S. 2016. Pengaruh Terapi Film (Cinema Therapy) Terhadap Peningkatan Swakelola Belajar Pada Siswa  Kelas 8 SMP N 2 Berbah, Sleman, Yogyakarta. Skripsi, (online), tersedia : http://eprints.uny.ac.id/40137/1/skripsi.pdf. Diunduh 28 November 2017.

Niva, H. 2016. Penerapan pendekatan cinematherapy untuk meningkatkan perilaku prososial pada siswa Bosowa International School Makassar.Jurnal Psikologi Pendidikan & Konseling, (online),tersedia:http://ojs.unm.ac.id/JPPK/article/view/2061/1142, diunduh 27 April2018.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D.Bandung: Alfabeta.

Sulistyowati, E. 2016. Pemanfaatan Cinema Therapy Dalam Bimbingan Kelompok Untuk Pemahaman Tentang Meningkatkan Perilaku Prososial Siswa Kelas VIII Di SMP NEGERI 2 MENGANTI. Jurnal Ilmu Pendidikan, (online), tersedia :  http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-bk-unesa/article/view/15195/19201. Diunduh 7 November 2017.


PUBLISHED

2019-02-11

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 03 No. 01 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade