EFEKTIVITAS BIMBINGAN KARIR UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN MEMILIH JURUSAN DI PERGURUAN TINGGI SISWA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 3 KEDIRI


Author (Penulis)

NOVI A THOYYIBBA ROTUL MUTTAQIN
Universitas Nusantara PGRI Kediri

Author Identity (NPM)

14.1.01.01.0160

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil pengamatan dan pengalaman peneliti, bahwa bimbingan karir yang dilaksanakan masih kurang efektif dikarenakan jam masuk kelas sangat minim untuk guru BK melaksanakan bimbingan klasikal. Akibatnya pengetahuan dalam pengambilan keputusan karir rendah.Hal tersebut nampak dari keterampilan pengambilan keputusan memilih jurusan di perguruan tinggi rendah, yang pada akhirnya membuat para siswa merasa kebingungan dalam menentukan pilihan jurusan di perguruan tinggi. Permasalahan dalam penelitian ini adalah apakah bimbingan karir efektif untuk meningkatkan keterampilan pengambilan keputusan memilih jurusan di perguruan tinggi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 3 Kediri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas bimbingan karir untuk meningkatkan keterampilan pengambilan keputusan memilih jurusan di perguruan tinggi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 3 Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan teknik penelitian eksperimen dan desain penelitian Quasi Eksperimental jenis Nonequivalent Control Group Design. Subyek penelitiannya adalah siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 3 Kediri yang berjumlah 4 kelas dengan sampel sebanyak 2 kelas.Penelitian dilaksanakan dalam beberapa tahap, yaitu pre-test, perlakuan (treatment) berupa bimbingan karir, dan post-test. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan uji mann whitney dengan bantuan program SPSS versi 23.0. Hasil uji mann whitney menunjukkan Asymp.Sig. (2-tailed) bernilai 0,010. Berdasarkan dasar pengambilan keputusan dalam uji mann whitney, karena 0,010 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima, yang berarti bahwa bimbingan karir efektif untuk meningkatkan keterampilan pengambilan keputusan memilih jurusan di perguruan tinggi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 3 Kediri. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bimbingan karir efektif untuk meningkatkan keterampilan pengambilan keputusan memilih jurusan di perguruan tinggi siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 3 Kediri. Berdasarkan simpulan hasil penelitian ini, maka disarankan kepada: (1) Guru BK agar dapat menggunakan treatment bimbingan karir apabila suatu saat menjumpai permasalahan yang berkaitan dengan keterampilan pengambilan keputusan memilih jurusan di perguruan tinggi pada siswa di sekolah, (2) Untuk peneliti selanjutnya disarankan dapat mengembangkan metode maupun media dalam memberikan bimbingan karir serta mengkaji masalah ini dengan jangkauan yang lebih luas terutama yang belum terungkap dalam penelitian ini.


Keyword

BIMBINGAN KARIR, PENGAMBILAN KEPUTUSAN MEMILIH JURUSAN DI PERGURUAN TINGGI

Reference

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineke Cipta.

Rahma, U. 2010. Bimbingan Karier Siswa. Malang: UIN- MALIKI PRESS.

Santrock, J.W. 2003. Adolescence, Perkembangan Remaja. Jakarta: Erlangga.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Supriatna, M. 2011. Bimbingan dan Konseling Berbasis Kompetensi (Orientasi Dasar Pengembangan Profesi Konselor). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Winkel, W.S & Hastuti, M.M. 2004. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.


PUBLISHED

2019-02-12

JOURNAL

Simki-Pedagogia

ISSN

2599-073X

ISSUE

Vol. 03 No. 01 Tahun 2019

Download PDF

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UN PGRI Kediri.

Jl. KH. Ahmad Dahlan 76 Mojoroto Kota Kediri

Designed by BootstrapMade